Hubungan antara Syukur dan Harga Diri dengan Iri pada Pengguna Instagram
ASHLIHATUL LATIFAH, Avin Fadilla Helmi, Dr., M.Si.
2015 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan syukur dengan iri pada pengguna Instagram. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif antara harga diri dan syukur dengan iri pada pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu Skala Harga Diri, Skala Syukur, dan Skala iri pada pengguna Instagram. Subjek penelitian terdiri dari 173 mahasiswa angkatan 2012, 2013, dan 2014 Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisis berganda dengan menggunakan metode enter. Hasil analisis data yang didapatkan adalah (1) ada hubungan yang signifikan antara harga diri dan syukur dengan iri pada pengguna Instagram (R=0,468; F=23,7822; p<0,01), (2) hubungan ini merupakan hubungan yang negatif (b1 = -0,563; p < 0,01; b2 = -0,563; p<0,01) (3) syukur dan harga diri secara bersama-sama berkontribusi terhadap iri pada pengguna Instagram sebesar 21,9%, (4) syukur memiliki kontribusi sebesar 15,3% (5) dan harga diri memiliki kontribusi sebesar 6,6%. (6) Penelitian ini memberikan hasil bahwa harga diri dan syukur memiliki hubungan yang negatif dengan iri pada pengguna Instagram, tetapi syukur memiliki hubungan yang lebih kuat dibandingkan dengan harga diri.
The purpose of this study was to examine the correlation between gratitude and self-esteem with envy in Instagram user. The hypothesis stated in this study was there is a negative correlation between gratitude and self-esteem with envy in Instagram user. This study used three scales: gratitude scale, self-esteem scale, and envy in Instagram user's scale. The data from this study was analyzed using multiple regression analysis with enter method. The result showed that (1) there is a significant correlation between gratitude and self-esteem with envy in Instagram user (R=0,468; F=23,782; p<0.01), (2) this correlation is a negative correlation (b1 = -1,039; p<0,01; b2 = -0,563; p<0,01). (3) Both gratitude and self-esteem's contribution to envy in Instagram user is 21,9%. (4) Gratitude itself has 15,3% contributution to envy in instagram user (5) while self-esteem has 6,6% contribution. (6) The result of this study showed that both gratitude and self-esteem has a negative correlation with envy in instagram user, but gratitude has a greater contribution than self-esteem.
Kata Kunci : iri pada pengguna Instagram, mahasiswa, harga diri, syukur