STRATEGI PEMASARAN PRODUK SPA OLEH SAMBI RESORT & SPA
LIEKE ANISA PRATIWI, Prof. Dr. Marsono, S.U. ; Widyarini Wirjono, S.E., M.M.
2015 | Skripsi | S1 PARIWISATASpa merupakan salah satu jenis wisata minat khusus yang dapat dikembangkan dan berpotensi di masa depan. Sambi Resort salah satu resort di Yogyakarta yang memiliki produk spa. Keistimewaan spa di Sambi Resort adalah mempunyai bangunan yang unik, bernuansa pedesaan yang menyatu dengan alam, dan menawarkan produk perawatan spa alami. Spa di Sambi Resort adalah hasil dari co-branding antara kesepakatan dua pihak yaitu Sambi Resort sebagai pemilik produk dan Cantel Spa sebagai pihak yang mengoperasionalkan spa. Berdasarkan sistem co-branding yang berlaku pada spa di Sambi Resort, strategi pemasaran harus diteliti lebih lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melihat keadaan secara sistematis bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran jasa 7p dan co-branding dan menjelaskan hasil analisis yang diterapkan pada spa di Sambi Resort. Metode yang digunakan untuk penelitian ini antara lain wawancara mendalam, studi pustaka, dan observasi. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini berdasarkan bauran pemasaran jasa adalah belum sempurnanya strategi pemasaran pada spa di Sambi Resort dilihat dari kurang maksimatlnya promosi yang menyebabkan tingkat kunjungan tamu masih rendah, disamping kekurangan spa di Sambi Resort mempunyai nilai lebih dari kekurangannya. Untuk menaikkan data kunjungan tamu spa di Sambi Resort diharapkan dapat memaksimalkan promosi produk spa.
Spa is one types of special interest tourism which can be developed and have potential in the future. Sambi Resort is one of the resorts in Yogyakarta which has a spa products. The specialty spa at Sambi Resort is having a unique building, in a rural setting that blends with nature, and offers a natural spa care products. Spa at Sambi Resort is the result of a co-branding agreement between the two company, Sambi Resort as the owner of the product and Cantel Spa as a spa operation handling. Under the co-branding system agreement at the spa at Sambi Resort, there is a need of marketing strategy that should be further researched. This descriptive research views the state of systematically aims to analyze the marketing strategy by using the marketing mix 7p and co-branding and explain the results of the analysis that are applied to the spa at Sambi Resort. The method used for this research include in-depth interviews, literature study and observation. The data in this research is analyzed using qualitative data analysis techniques. The results of this research based on marketing mix is, a non efficient marketing strategy at Sambi Resort spa. Lack of efficient promotion that caused a visitor levels are still low, despite shortcomings in Sambi Resort spa, the spa has more good value than its shortcomings. To increase visitor arrival at Sambi Resort spa, they are expected to maximize the promotion of spa products. Keywords: Spa, Special interest tourism, Marketing strategy
Kata Kunci : spa, wisata minat khusus, strategi pemasaran