Studi Kualitatif Aplikasi Berbasis Smartphone dan Kebiasaan Olahraga Lari
AHMAD HIDAYAT, dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D.;Drs. Sumarjo, M.Kes.
2015 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang: Aktivitas fisik diidentifikasi sebagai faktor resiko utama ke-empat bagi mortalitas global, namun olahraga lari justru semakin diminati oleh masyarakat. Tren berolahraga lari menggunakan aplikasi sport tracker pada masyarakat menjadi sebuah fenomena yang menarik. Aplikasi paling populer adalah Endomondo Sport Tracker. Penggiat olahraga lari semakin banyak, bahkan kini sudah banyak terbentuk berbagai komunitas pecinta olahraga lari. Menjadi pertanyaan, bagaimana motivasi untuk menggunakan aplikasi Endomondo dalam kebiasaan olahraga lari di kalangan pengguna? Tujuan: Untuk mengetahui motivasi penggunaan Endomondo dalam kebiasaan olahraga lari. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada 9 informan, diskusi kelompok terarah pada 2 kelompok, serta observasi pada subjek penelitian yang diambil secara purposive sampling. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa sebagian informan baru melakukan olahraga lari secara rutin setelah menggunakan Endomondo. Endomondo juga mendukung olahraga lari pada pengguna yang telah rutin lari, baik secara kualitas maupun kuantitas. Motivasi internal terdiri atas kebutuhan untuk senantiasa menggunakan Endomondo dalam olahraga lari, serta dorongan pengguna untuk mengunduh Endomondo dan pemenuhan kebutuhan akan sesuatu yang baru. Motivasi eksternal berupa kebutuhan untuk mengekspresikan diri, berprestasi, afiliasi, dan kebutuhan meniru. Pengguna juga termotivasi untuk meningkatkan olahraga lari, serta menggunakan Endomondo untuk jenis olahraga lainnya. Kesimpulan: Motivasi internal pada pengguna yang telah terbiasa melakukan olahraga lari cenderung berkaitan dengan manfaat Endomondo bagi olahraganya, sedangkan pelari baru lebih tertarik pada segi media sosial. Motivasi eksternal berkaitan dengan fitur sosial pada Endomondo, yang memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri dan berprestasi melalui olahraga lari, serta berafiliasi dan saling meniru selayaknya interaksi pada media sosial. Endomondo mendukung pengguna dalam menjaga dan meningkatkan kebiasaan berolahraga. Kata Kunci: motivasi, olahraga, aplikasi ponsel, Endomondo
Backgorund: Physical inactivity was identified as the fourth major risk factor of global mortalitiy, but running was even more increasingly in demand by the society. Tren of running using sport tracker application in the society becomes an interesting phenomenon. The most popular application was Endomondo Sport Tracker. A number of runners is paridly growing that even now many communities were formed for running lovers. Rise to a question, what is the motivation for using Endomondo in running among users? Objective: To determine the motivation for using the Endomondo in running habits. Method: This study is a qualitative research with design of phenomenology. The data were collected through in-depth interviews on nine informants, focus group discussion on two groups with eight and six members, and obeservations on the subject of research undertaken by purposive sampling technique. Result: Study findings suggested that most of informants just began running routinely after using Endomondo. Moreover, Endomondo also supports users who have routinely run, both in quality and quantity. Internal motivation consists of the need to always use Endomondo while running, as well as prompting user to download Endomondo and fulfillment the stimulation needs. Furthermore, external motivation are the need for self-expression, acievement, affiliation, and needs for modeling. Users also motivated to improve the running performance, as well as using Endomondo for other sports. Conclusion: Internal motivation among users who are accustomed to running tend to be related to the benefits of Endomondo for sport, while the new runners are more interested in terms of social media. External motivation related to social feautres in Endomondo, which allows users to express themselves and excel through running, as well as affiliated and righteously imitate each interaction on social media. Endomondo supports the user in maintaining and improving running habits. Keyword: motivation, running, mobile application, Endomondo
Kata Kunci : motivation, running, mobile application, Endomondo