PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISA SWOT PADA PT MIROTA INDAH INDONESIA MANNA BAKERY
HILMAN FAHMI, Ibnu Wahid Fakhrudin Aziz, STP, MT.
2015 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI SVPerusahaan merupakan suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang dan jasa. Manna Bakery merupakan perusahaan industri pertanian yang memproduksi berbagai jenis produk roti, seperti roti tawar, kue, dan roti manis. Industri ini terletak di Jl. Menur, Sambilegi Baru, Maguwoharjo Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta. Strategi pemasaran yang baik dapat mengatasi permasalahan internal maupun eksternal dari Manna Bakery. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi SWOT dan merumuskan strategi pemasaran di Manna Bakery. Kemudian melakukan evaluasi dan memberikan alternatif solusi perbaikan strategi pemasaran Manna Bakery. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Matriks SWOT dalam perusahaan Manna Bakery dan merumuskan strategi pemasaran alternatif di Manna Bakery. Kemudian melakukan evaluasi dan memberikan alternatif solusi perbaikan strategi pemasaran pada Manna Bakery. Dengan metode SWOT didapat suatu alternatif strategi untuk menyikapi terhadap permasalahan yang ada. Kemudian melakukan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Skoring. Penelitian dilakukan menggunakan kuisioner untuk mengukur kepuasan konsumen berdasarkan anlisa SWOT yang telah digunakan. Dari hasil penelitian dari 18 butir pertanyaan yang mencakup 4 dimensi utama dalam SWOT, dapat diketahui bahwa nilai rTabel adalah 0,165 dan Cronbranch's Alpha 0,782. Hasil uji skoring dengan skor terendah 2,8 dan skor tertinggi 3,26. Hasil perumusan strategi pemasaran alternatif adalah menjaga siklus hidup, menambah outlet penjualan produk, mencari alternatif pemasok bahan baku, dan melakukan promosi ke berbagai instansi untuk keperluan snack.
The Company is a place for conducting the process of production of goods and services. Manna Bakery is an agricultural industrial company that manufactures various kinds of bakery products, such as bread, cakes and sweet breads. The industry is located at Jl. Menur, Sambilegi Baru, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. A good marketing strategy can overcome the internal and external problems of Manna Bakery. The intent of this study was to identify the SWOT and formulate marketing strategies in Manna Bakery. Then evaluate and provide alternative solutions Manna Bakery improvement of marketing strategy. This research aims to identify the SWOT Matrix in the company Manna Bakery and formulate alternative marketing strategies in Manna Bakery. Then evaluate and provide alternative solutions to the improvement of marketing strategy at Manna Bakery. With the SWOT method obtained an alternative strategy to address the existing problems. Then do Validity Test, Reliability Test, and Test Scoring. The study was conducted using a questionnaire to measure customer satisfaction based on SWOT analisa. From the results of research from 18 grains of questions covering four major dimensions in the SWOT, it is known that rTabel value is 0.165 and Cronbranch's Alpha value is 0.782. The test results of scoring the lowest score of 2.8 and the highest score 3.26. Results formulation of alternative marketing strategy is keeping the life cycle product, increase product sales outlets, look for alternative suppliers of raw materials, and promotions to various agencies for the purposes snack.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran Alternatif, Analisis SWOT, Matriks SWOT