Laporkan Masalah

Analisis Corporate Social Responsibility (CSR) PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

YANU IRAWAN, Dr. Agus Heruanto Hadna

2015 | Skripsi | S1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)

Terdapat hal menarik dari latar belakang penelitian ini. Pertama, saat ini CSR bukan lagi merupakan suatu tren namun menjadi sebuah kewajiban bagi korporasi yang eksis melakukan kegiatan usaha saat ini. Kedua, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia juga melaksanakan kegiatan CSR dengan komitmen yang sangat tinggi dilihat dari visi dan misi perusahaan. Ketiga, gaya penerapan CSR yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan tentu berbeda-beda. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti dan meninjau langsung kegiatan CSR dari PT TMMIN. Fokus penelitian yang muncul Bagaimanakah pemahaman PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT TMMIN) terhadap Corporate Social Responsibility?, Bagaimanakah penerapan Corporate Social Responsibility yang dilakukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT TMMIN) dan kesesuaian dengan konsep CSR Triple Bottom Line dan konsep manajemen CSR?, Apakah manfaat yang dihasilkan dari kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT TMMIN) ? Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara bertahap dan observasi langsung. Sedangkan teori yang digunakan sebagai analisis adalah teori CSR, Manajemen CSR dan konsep triple Bottom Line. Hasil penelitian dalam penerapan CSR PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia PT TMMIN adalah program mengacu pada komitmen dan visi misi perusahaan. Sasaran program CSR, lingkungan, keselamatan berlalu lintas, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Dalam pelaksanaan CSR, PT Totyota Motor Manufacturing Indonesia melakukan kordinasi dengan pemerintah dan masyarakat. Secara Keseluruhan jalannya program CSR berjalan sukses, sesuai dengan teori CSR, Manajemen CSR dan konsep Triple Bottom Line. Kemudian program CSR yang dilakukan oleh PT TMMIN juga memberikan manfaat bagi stakeholder dan lingkungan sekitar.

The background of this research came from some interesting topics. First, the current CSR is no longer a trend because CSR has become a liability for any existing corporations to conduct their businesses today. Second, as one of the largest automotive companies in Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia carries out CSR activities with a very high commitment as seen from the company's vision and mission. Third, the various CSR approach performed by each company is different, thus researcher's interest to directly study and review the CSR activities of PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. This research focuses on: How does PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia's understand CSR? How does PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia implement its CSR activities and what are their compliances with the Triple Bottom Line concept of CSR and CSR management concept? What are the benefits from PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia's CSR activities? This research used a qualitative descriptive study. Datas were collected by gradual interviews and direct observation. Theories used in this research were the Theory of CSR, CSR Management and Triple Bottom Line concept. The results of this research referred to PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia's commitment to their CSR programs and the company's vision and mission. The CSR programs include the environment, traffic safety, and education and community empowerment. In the implementation of their CSR programs, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia is coordinating with the government and society. Overall, in accordance to the theory of CSR, CSR management and Triple Botttom Line concept, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia is running successful CSR programs. Their CSR programs also provide benefits to stakeholders and the environment.

Kata Kunci : Kata Kunci : CSR, Penerapan CSR, Manajemen CSR, Triple Bottom Line

  1. S1-2015-282754-abstract.pdf  
  2. S1-2015-282754-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-282754-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-282754-title.pdf