Laporkan Masalah

PENGARUH K-POP TERHADAP GAYA HIDUP IMITASI KAUM MUDA DI YOGYAKARTA

UNGGUL KURNIA DEWI, Dr. Muhammad Supraja, S.Sos., SH., M.Si

2015 | Skripsi | S1 SOSIOLOGI

K-pop merupakan salah satu genre musik pop modern Korea Selatan yang saat ini sedang menjadi trend dikalangan kaum muda tidak terkecuali di Yogyakarta. K-pop di Yogyakarta berkembang dengan sangat pesat yang kemudian memberikan dampak pada banyaknya kaum muda di Yogyakarta yang kemudian menjadi penggemar fanatik K-pop. Sebagai penggemar K-pop, kaum muda ini kemudian melakukan imitasi terhadap nilai-nilai budaya K-pop sebagai ekspresi kegemarannya terhadap K-pop. Dalam penelitian ini merumuskan dua masalah. Pertama, proses imitasi k-pop yang dilakukan oleh kaum muda penggemar K-pop sebagai bagian dari gaya hidup kaum muda. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku imitasi yang dilakukan oleh kaum muda penggemar K-pop. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data primer didapatkan dengan melakukan wawancara terhadap para informan yang merupakan penggemar K-pop di Yogyakarta. Sedangkan data sekunder didapatkan dengan melakukan observasi dan studi documenter atau kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa perilaku imitasi yang dilakukan oleh penggemar K-pop melalui beberapa proses.Pertama, proses perhatian yang dilakukan penggemar terhadap terhadap K-pop. Kedua, proses ingatan dan internalisasi terhadap nilai-nilai K-pop yang akan di imitasi. Ketiga, proses reproduksi yaitu penggemar memutuskan untuk melakukan imitasi terhadap idolanya setelah melalui proses perhatian dan ingatan. Keempat, motivasi dimana penggemar melakukan imitasi atau peniruan karena adanya dorongan. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kaum muda mengimitasi K-pop terjadi karena adanya pengaruh dari media massa khususnya internet, kesenangan dan kepuasan diri dari pelaku imitasi tersebut, dan pengaruh teman atau kelompok sesama penggemar K-pop. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa perilaku mengimitasi gaya hidup K-pop yang melekat pada idol yang dilakukan oleh kaum muda penggemar K-pop,merupakan bentuk dari gaya hidup yang ingin ditampilkan oleh kaum muda tersebut. Dengan gaya hidup tersebut kaum muda ingin menunjukkan identitasnya sebagai penggemar K-pop. Selanjutnya, pengimitasian yang kaum muda lakukan tersebut menimbulkan dampak pola konsumsi pada kaum muda penggemar K-pop.

K-pop is one of modern pop music genre in South Korea that currently trend among youth thatno exception in Yogyakarta. K-pop in Yogykarta to develop so rapidly that subsequently have an impact on the number of youth in Yogyakarta, which later became fanatic fan of K-pop. As a fan of K-pop, these youth can do an imitation of cultural values of K-pop as an expression of his love for K-pop. In this study formulated two problems. First, the process of imitation K-pop performed by the young fans of K-pop as part of the lifestyle of youth. Second, the factors that influence of occurrence of imitation behavior committed by youth of K-pop fans. This research was conducted qualitatively by using descriptive approach. Primary data obtained through interviews with informants who are fans of K-pop in Yogyakarta. While secondary data obtained by observation and documentary studies or literature. Based on theresults of research inbehavioralimitationgetthatdone byfans ofK-pop throughseveral processes. First, theattentionof thefanstowardsonK-pop.Second, the process ofmemoryandinternalizationof the values ofK-pop to beinimitation. Third, the process of reproductionthatfansdecidedtodo theimitation ofhis idolafter going through theprocess ofattentionandmemory. Fourth, motivation,wherefansdoimitationbecause of the encouragement. While the factorsthat causeyouthto imitateK-pop occurdue to the influenceofthe massmedia, especially the internet, pleasure andself-satisfactionof theperformer oftheseimitations, andthe influence of friendsora groupof fellowK-pop fans. The conclusion thatcan bedrawn fromthis studythatimitate thebehavior ofK-pop lifestyleattached to theidolmadebyfans ofK-pop, is a formoflifestyleyou want displayedbythese youth. Withthelifestyleof youthwant toshow his identity asa fan ofK-pop. Furthermore, imitationthatyouth are doingsuchan impactonyouthconsumption patternsof K-pop fans.

Kata Kunci : Kata Kunci: Kaum Muda, K-pop, Perilaku Imitasi, Gaya Hidup/ Keywords: Youth, K-pop, Imitation Behavior, Lifestyle

  1. S1-2015-267717-abstract.pdf  
  2. S1-2015-267717-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-267717-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-267717-title.pdf