STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PAKET WISATA DI CV. KARTIKA TOUR & TRAVEL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
KIKI DWIJAYANTI H, Elisa Dwi Rohani, S.E., M.Sc.; Arina Pramusita, S.I.P., M.Si.
2015 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVTujuan penulisan adalah untuk mengetahui strategi pengembangan paket wisata di CV. Kartika Usaha Tour & Travel dalam mengembangkan dan memasarkan produk paket wisata kepada konsumen guna untuk meningkatkan penjualan. Dalam penuliasan laporan tugas akhir ini penulis menggunakan metode penelitian melalui teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, study dokumentasi dan study pustaka. Data yang terkumpul kemudian di analisis dan dikelompokkan berdasarkan permasalahaan penelitian yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan produk paket wisata harus melalui dengan beberapa tahapan meliputi analisis pasar, desain paket wisata, percobaan promosi pa ket wisata, pengenalan produk paket wisata. Sedangkan untuk strategi promosi yang digunakan yaitu melalui iklan, promosi penjualan dan penjualaan tatap muka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pengembangan paket wisata khususnya paket wisata adventure yang dilakukan dengan mengadakan analisis pasar , menetapkan kebijakan harga produk paket wisata, membahas hambatan-hambatan yang terjadi pada CV. Kartika Usaha Tour & Travel yaitu semua kendala yang sering terjadi persaingan harga dengan biro perjalanan lain, materi promosi dan promosi yang kurang menarik
The research aimj to know strategy of development tour packages at Cv. Kartika Usaha Tour and Travel in developing and marketing product to customers for sales increase. The methods used were data collection techniques by observation, interview, study documentation and study literature. Then, data collected is analyzed and grouped by issues existing research. The result of the research were, tourism package developing must go through several stages includes market analysis, design tour package, trial promotion tour packages, introduction tour packages product, As for the promotion strategy used by advertising, sales promotion, and face to face sales. The conclusion from this research were development tour packages process especially adventure packages which is conducted by market analysis, price determination for tour packages, discussing the obstacles that occur such as competition price with another travel agency, and materials promotion.
Kata Kunci : Tour & Travel, Produk, Paket Wisata, Adventure