STRATEGI PEMASARAN KERUPUK SINGKONG MERPATI BALAP SARI RASA MAGELANG DI MAGELANG comma JAWA TENGAH
LAILA ANIFA ANIS R, Dr. Atris Suyantohadi, STP, MT ; Dr. Agung Putra Pamungkas, STP, M. Agr
2015 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI SVINTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang cocok untuk diterapkan dalam memasarkan Kerupuk Singkong Merpati Balap di Magelang dengan mengevaluasi faktor dash faktor yang berpengaruh dalam pembelian produk yang nantinya akan menggambarkan faktor yang dominan dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk Krupuk Singkong Merpati Balap itu sendiri comma sehingga produk dapat menembus pasar secara luas stop Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder dengan cara melakukan wawancara comma melalui kuesioner comma dan observasi secara langsung terhadap pemilik industri dan orang-orang terkait dan juga dengan melakukan pengamatan secara langsung mengenai kegiatan yang dilakukan industri dalam hal pemasaran dan menyebarkan kuesioner stop Melakukan analisis pada faktor internal dan eksternal stop Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan SWOT sebagai dasar untuk merancang stategi pemasaran produk kerupuk singkong Merpati Balap stop Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kekuatan yang dimiliki industri yaitu colon produk memiliki keunggulan comma produk yang cukup bermutu comma harga produk yang memimpin comma kerjasama yang baik antara pemilik dengan pegawai dan antara penjual dengan pembeli open parrenthesis agen close parenthesis comma keinginan untuk berkembang comma dan banyaknya peminat akan produk stop Faktor kelemahan colon kemasan yang kurang menarik comma promosi dan komunikasi dari Industri yang kurang comma keterbatasan modal usaha comma keuangan industri yang masih tercampur dengan keuangan rumah tangga dan peralatan yang digunakan masih tradisional stop Terdapat faktor lingkungan eksternal perusahaan yang menjadi peluang antara lain colon market leader comma perkembangan teknologi informasi dan komunikasi comma perkembangan teknologi pengolahan comma tingginya permintaan akan produk dan daerah pemasaran yang luas stop Ancaman yang harus dihadapi oleh industri ini antara lain colon kompetitor produk sejenis comma sulitnya mencari pekerja tetap comma banyaknya berdiri industri didaerah sekitar yang menggunakan bahan baku yang sama comma kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar bensin dan solar dan perubahan iklim slash cuaca stop Usulan strategi pemasaran berdasarkan analisa 4P maupun matrik SWOT diantaranya adalah menjaga nama baik industri comma meningkatkan volume produksi comma memperluas jaringan pemasaran comma membangun kerjasama yang baik dengan pekerja comma perbaikan sistem dan manajemen keuangan stop
ABSTRACT This study aims to determine what is the appropriate strategy to be applied in marketing Cassava Crackers Merpati Balap in Magelang to evaluate the factors that influence the purchase of products that will describe the dominant factor in the purchase decision process cassava crackers product itself Merpati Balap comma so that the product can penetrate the broader market stop This research was conducted by collecting primary data and secondary data by conducting interviews and observations directly to the owners of industries and related persons comma and also with the direct observation of the activities performed the industry in terms of marketing and distributing questionnaires stop Perform analysis on internal and external factors stop The collected data were then analyzed using SWOT as a basis for designing a marketing strategy for Merpati Balap cassava cracker products stop The results showed that the strength of the industry comma namely colon The product has advantages comma considerable product quality comma product prices lead comma good cooperation between the owner and employees and between buyers and sellers open parenthesis agents close parenthesis comma the desire to grow comma and the high demand for the product stop Areas of weakness colon the lack of attractive packaging comma promotion and communication of industry are lacking comma limited venture capital comma the financial industry is still mixed with household finances and the equipment used is still traditional stop There are external environmental factors that into an opportunity comma among others colon market leader comma the development of information and communication technologies comma the development of processing technology comma high demand product and extensive marketing area stop A threat that must be faced by the industry include colon competitors of similar products comma the difficulty of finding permanent workers comma many standing around the industrial areas using the same raw materials comma government policies raise the price of petrol and diesel fuels and climate change slash weather srop Proposed marketing strategy based on 4P and SWOT matrix analysis of which is to maintain the good name of the industry comma increase production volumes comma expand marketing network comma establish a good cooperation with workers comma improvement and financial management system stop
Kata Kunci : Kerupuk Singkong Merpati Balap, Pemasaran, SWOT