ANALISIS STRATEGI BISNIS PT. MASKAPAI REASURANSI INDONESIA, TBK DALAM INDUSTRI REASURANSI DI INDONESIA
Brian Harfiansyah, Gugup Kismono, MBA., Ph.D.
2015 | Tesis | S2 Magister ManajemenTerdapat empat tujuan dalam penelitian ilmiah ini, pertama penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bisnis yang selama ini digunakan oleh PT. Marein, apakah dengan startegi sekarang yang digunakan sudah efektif dalam menghadapi bisnis reasuransi di Indonesia, kedua memberikan rekomendasi strategi bisnis yang tepat dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, ketiga memberikan implementasi implementasi strategi bisnis yang tepat pada strategi bisnis yang digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus pada PT. Maskapai Reasuransi Indonesia. Alat analisa yang digunakan adalah Matriks EFE-IFE, Matriks IE, SWOT Analysis dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum PT. Marein saat ini menggunakan strategi hold and maintain atau costumer focus, alternatif strategi yang direkomendasikan adalah strategi market development, yakni strategi untuk memperkenalkan produk atau jasa perusahaan kepada daerah baru, sehingga dapat memperbesar pangsa pasar. Sedangkan berdasarkan analisa SWOT pada PT. Marein, faktor kekuatan yang dimiliki adalah; kebijakan prudent underwriting yang dilakukan, pelayanan klaim yang baik, komitment pada pengembangan SDM, hubungan baik dengan ceding company dan perusahaan reasuransi, good corporate image, lokasi kantor yang strategis dan representatif. Faktor kelemahan; sumber daya manusia yang kurang berkualitas, belum berjalannya secara efektif komite nominasi-remunerasi dan komite kebijakan resiko, belum memiliki teknologi sistem informasi yang terintegrasi sempurna, modal atau ekuitas yang relatif masih kecil, dan produk yang tidak inovatif. Sedangkan untuk faktor-faktor dari peluang adalah; perekonomian negara yang tumbuh, meningkatnya perilaku masyarakat yang konsumtif, pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, peraturan pemerintah untuk asuransi wajib diback up oleh reasuransi. Kemudian faktor ancaman pada PT. Marein adalah; peraturan pemerintah mengenai kesehatan keuangan perusahaan reasuransi, masuknya perusahaan reasuransi asing di Indonesia, stabilitas politik dan keamanan negara, bencana alam.
There are four objectives in scientific research, first, aimed to evaluate the business strategy that has been used by PT. Marein, whether the strategy is used effectively in the face of reinsurance business in Indonesia, the second gives a recomended business strategy in doing the operation, third gives the best implementation business strategy in used to be. This type of research is a descriptive case study on PT. Maskapai Reasuransi Indonesia. Analysis tool used is EFE-IFE Matrix, IE Matrix, SWOT Analysis and QSPM. The results showed that in general, PT. Marein currently uses hold and maintain or customer focus strategy, the recommended alternative strategy is market development strategy, ie a strategy to introduce products or services to new areas, so as to increase market share. While based on SWOT analysis on PT. Marein, strength factors are; prudent underwriting policies undertaken, good claims service, commitment to human resource development, good relations with the ceding company and the reinsurer, good corporate image, Representative and strategic office location. Weaknesses; less qualified human resources, nomination remuneration committee and risk policy committee not yet efectifelly, yet to have good technology integrated information system, capital or equity that is still relatively small, and not have inovated product. As for the factors of opportunity; growing economies, rising consumer society behavior, increasing population growth, goverment regulation that insurance must be back up by reinsurance . Next for the threat factors in PT. Marein are; government regulation of the financial health of reinsurers, the entry of foreign reinsurance companies in Indonesia, political stability and security of country, and natural disaster.
Kata Kunci : Strategi Bisnis, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, SWOT analysis dan QSPM.