Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Pantai Glagah Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kulon Progo
LUTVIAN MARTVIYANO, Prof.Dr.Marsono, S.U. ;Widyarini Wirjono,S.E.,M.M.
2015 | Skripsi | S1 PARIWISATAI Pantai Glagah yang terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai Glagah merupakan obyek wisata unggulan di Kabupaten Kulon Progo. Pantai Glagah ini menjadi sumbe rutama pemasukan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Kulon Progo dari sektor pariwisata, sehingga dari sector pariwisata ini mampum memberikan dukungan terhadap perekonomian daerah dan dapat memajukan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan demikian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten KulonProgo selaku pihak yang mengelola Pantai Glagah harus bias menjaga eksistensinya dan mengembangkanya, agar tidak kalah saing dengan destinasi wisata pantai lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana stratagi pemasaran Pantai Glagah yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kulon Progo dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) pada Pantai Glagah. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, dalam penulisan skripsi ini digunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dilapangan, wawancara langsung dengan informan yang dianggap mampu memberikan keterangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan mengenai strategi pemasaran Pantai Glagah oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, maka peneliti menyimpulkan bahwa strategi pemasaran Patai Glagah yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kulon Progo sudah cukup baik, namun belum maksimal.
Glagah beach located in the Glagah village, Temon, Kulon Progo Regency. Glagah beach a leading tourist attraction in Kulon Progo. This Glagah beach be the main source of income (PAD) for Kulon Progo Regency from the tourism sector, so that the tourism sector is able to provide support to the local economy and can promote economic prosperity and the surrounding community. Thus the Department of Culture and Tourism of Kulon Progo Regency as those who manage Glagah beach should be able to maintain its existence and develop, so as not to lose competitiveness with other coastal attractions. This study aims to determine how attraction marketing strategy Glagah beach conducted by the Department of Culture and Tourism of Kulon Progo in an effort to increase the number of tourist visits, as well as to analyze the strengths, weaknesses, opportunities and threats (SWOT) in attraction Glagah beach. To achieve the intended purpose in writing this thesis used a qualitative descriptive analysis method. Data collection techniques used in this study is the observation in the field, interviews with informants who are considered able to provide information related with less issues, and study documentation. Based on the results of research that researchers do about attraction marketing strategies Glagah beach by the Department of Culture and Tourism of Kulon Progo, the researchers concluded that the marketing strategy attractions Glagah beach conducted by the Department of Culture and Tourism of Kulon Progo Regency is good enough, but not maximized.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran