Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, dan Kontrol Perilaku Peduli Lingkungan terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pemilihan Kosmetik Ramah Lingkungan
RAHMAT, Dr. Satibi, M.Si., Apt
2015 | Skripsi | S1 OBAT ALAMIManusia seringkali menjadi penyebab kerusakan lingkungan di bumi, tapi juga bisa menjadi pengelola lingkungan. Kesadaran akan kerusakan lingkungan menggugah manusia untuk berbuat lebih jauh demi menyelamatkan bumi tempat tinggalnya. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah mengganti barang-barang yang digunakan menjadi produk ramah lingkungan. Kosmetik sebagai salah satu barang kebutuhan manusia modern memberikan peranan cukup besar dalam usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku peduli lingkungan dengan pemilihan kosmetik ramah lingkungan. Penelitian menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumennya. Sampling dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Data primer yang diperoleh kemudian diolah dengan SPSS untuk uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku peduli lingkungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam memilih kosmetik ramah lingkungan, hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi linier yaitu Y=69,438+0,120X1+0,096X2+0,286X3 dengan nilai koefisien korelasi r=0,446 dan signifikansi 0,000 (p<0,005). Hasil uji koefisien korelasi masing-masing aspek intensi menunjukkan bahwa aspek kontrol perilaku (r=0,393) memberikan pengaruh paling besar dalam pengambilan keputusan pemilihan kosmetik ramah lingkungan diikuti aspek norma subyektif (r=0,374) dan aspek sikap (r=0,358).
Manusia seringkali menjadi penyebab kerusakan lingkungan di bumi, tapi juga bisa menjadi pengelola lingkungan. Kesadaran akan kerusakan lingkungan menggugah manusia untuk berbuat lebih jauh demi menyelamatkan bumi tempat tinggalnya. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah mengganti barang-barang yang digunakan menjadi produk ramah lingkungan. Kosmetik sebagai salah satu barang kebutuhan manusia modern memberikan peranan cukup besar dalam usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku peduli lingkungan dengan pemilihan kosmetik ramah lingkungan. Penelitian menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumennya. Sampling dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Data primer yang diperoleh kemudian diolah dengan SPSS untuk uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku peduli lingkungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam memilih kosmetik ramah lingkungan, hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi linier yaitu Y=69,438+0,120X1+0,096X2+0,286X3 dengan nilai koefisien korelasi r=0,446 dan signifikansi 0,000 (p<0,005). Hasil uji koefisien korelasi masing-masing aspek intensi menunjukkan bahwa aspek kontrol perilaku (r=0,393) memberikan pengaruh paling besar dalam pengambilan keputusan pemilihan kosmetik ramah lingkungan diikuti aspek norma subyektif (r=0,374) dan aspek sikap (r=0,358).Manusia seringkali menjadi penyebab kerusakan lingkungan di bumi, tapi juga bisa menjadi pengelola lingkungan. Kesadaran akan kerusakan lingkungan menggugah manusia untuk berbuat lebih jauh demi menyelamatkan bumi tempat tinggalnya. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah mengganti barang-barang yang digunakan menjadi produk ramah lingkungan. Kosmetik sebagai salah satu barang kebutuhan manusia modern memberikan peranan cukup besar dalam usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku peduli lingkungan dengan pemilihan kosmetik ramah lingkungan. Penelitian menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumennya. Sampling dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Data primer yang diperoleh kemudian diolah dengan SPSS untuk uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku peduli lingkungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam memilih kosmetik ramah lingkungan, hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi linier yaitu Y=69,438+0,120X1+0,096X2+0,286X3 dengan nilai koefisien korelasi r=0,446 dan signifikansi 0,000 (p<0,005). Hasil uji koefisien korelasi masing-masing aspek intensi menunjukkan bahwa aspek kontrol perilaku (r=0,393) memberikan pengaruh paling besar dalam pengambilan keputusan pemilihan kosmetik ramah lingkungan diikuti aspek norma subyektif (r=0,374) dan aspek sikap (r=0,358).
Kata Kunci : Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku, Pengambilan Keputusan