Laporkan Masalah

Analisa posisi merek makanan ringan keripik kentang

WIJONO, Sandi, Naila Zulfa, SE., MA.

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Saat ini produk-produk makanan ringan yang ada di pasar sangat beragam jeni snya, satu diantaranya adalah keripik kentang. Salah satu perusahaan yang memproduksi makanan ringan keripik kentang ini adalah PT. Indofood Fritolay Makmur. Perusahaan ini memproduksi dua mt:rek makanan ringan yang bersaing dalam kategori keri pik kentang yaitu Chitato dan Lay's. Di dalam kategori keripik kentang, Chi tato dan Lay's sebagai keripik kentang alami harus bersaing dengan kompetitor mer'eka, dalam hal ini ada lah keripik kentang olahan Mr. Potato, Leo, Veetos, Piattos dan Pringl es. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi konsumen terhadap kelompok produk keripik kentang alami (Chitato dan Lay's) dan kelompok produk keripik ke11tang olahan (Mr.Potato, Leo, Veetos, Piattos dan Pringles), serta posisi persepsi merek keripik kentang Chitato terhadap Lay's. Dengan menggunakan metode Correspondence Analysis, dihasilkan peta persepsi merek-merek keripik kentang beserta atribut yang paling dekat asosiasinya. Pada peta persepsi, nampak bahwa Leo, Yeetos dan Pi attos lebih diasos iasikan dekat dengan atribut harga. Sedang Chitato, Lay's, Mr.Potato dan Pr ingles lebih diasosiasikan dekat dengan atribut rasa. Baik keripik kentang alami (Chitato dan Lay's) maupun keripik kentang olahan (M r.Potato dan Pringles), keduanya 11dak menunjukkan perbedaan akibat bahan baku yang berbeda. Responden juga mempersepsikan Chitato dan Lay's sebagai merek keripik kentang yang memil iki atribut yang sama.

There are plenty kinds of snackfood in the market nowadays, potato chips is one of them. PT. lndofood Fritolay Makmur is one of potato chips producer. The company produces two brands of potato chips, Chitato and Lay's. Within the potato chips category, Chitato and Lay's as natural potato chips have to comp ete with processed potato chips bKands such as Mr. Potato, Leo. Veetos. Piattos and Pringles. This research is aiming to analyze consumer's perception of natural potato chips (Chitato and Lay's) and processed potato chips (Mr.Potato, Leo, Veetos, Piattos dan Pringles). It also aim to analyze the position of perception between Chitato and Lay 's within natural potato chips group. Using Correspondence Analysis, the method build perception map of potato chips brands and its attributes that highly associated to the brands. Through rhe map, it is shown that Leo, Veetos and Piattos are highly associated to price auribute, whilst ChitaLO, Lay's, Mr.Potato and Pringles are highly associated to taste attribute. Both natural potato chips (Chitato and Lay 's) and processed potato chips (Mr. Potato dan Pringles) fail to show differences despite the ra11· 111aterial they were using. Respondents also perceived Chitato and Lay's as brands with similar attributes.

Kata Kunci : Correspondence analysis,Peta persepsi

  1. S2-FEB-2010-Sandi_Wijono-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2010-Sandi_Wijono-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2010-Sandi_Wijono-TableofContent.pdf  
  4. S2-FEB-2010-Sandi_Wijono-Title.pdf