Laporkan Masalah

Analisis rantai nilai (value chain) sebagai alat menciptakan strategi bersaing dalam industri jasa pengeboran minyak dan gas bumi :: Studi pada PT Elnusa

PRASODJO, Siswantoro Mardis, Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBA., MPM

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Sektor industri minyak dan gas bumi sebagai salah satu sektor andalan dalam pembangunan nas ional terus menga lami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Perkembangan ini berawal dari ak hir tahun enampuluhan, ya itu sejak dimulainya Pembangunan Lima tahunan (Pelita) di Indonesia sejalan dengan perubahan iklim politik saat itu dan sebagai penyangga utama pendapatan negara yang berakibat pada tumbuh pesatnya perekonomian nasiona l. PT Elnu a adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa hulu minyak dan gas bumi yang beroperasi di Indonesia sejak akhir tahun enampuluhan. Dalam menghadapi persaingan dalam industri jasa hulu migas, PT Elnusa harus memili ki keunggulan bersaing yang memadai. Pengelolaan aktivitas-aktivitas yang ada di dalam rantai nilai perusahaan dalam upaya mencapai visi. misi dan tujuan perusahaan dapat digunakan sebagai keunggulan bersa ing. Penelitian ini bertuj uan untuk menganali is lebih dalam mengenai bagaimana PT El nusa mengelola aktivitas-akt ivitas dalam rantai nilai perusahaannya. Karena melalui anali sis rantai nilai akan dapat teridentifikasi akti itas-akti vitas apa saja yang mampu memberikan nilai dalam keunggulan bersaing perusahaan. Melalui anal isis ini pul a akan terlihat pula faktor apa saja yang ada di perusahaan menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di PT Elnusa terdapat aktivitas-aktivitas dalam rantai nilai perusahaan yang memiliki beberapa kekuatan dan menj adi sumber keunggulan bersaing, tetapi hanya ada empat aktivita yang mampu menjadi keunggulan ber aing. yaitu aktivitas operasi. pemasaran, pelayanan serta infrastruktur perusahaan. Keempat aktivitas ini lah yang merupakan distinctive competencies dan pada akhirnya dapat menjadi strategi PT Elnusa. yaitu keunggulan biaya, diferensiasi produk. Kala kunci : rantai ni lai, distinclive competencie , keunggulan bersaing. keunggulan biaya. diferensias.

Oil and gas industry is one of important sector in Indonesia development and it has been developing signicantl y. Thi s sector has been developing since end of sixty yeaJ, when the government of Republic of Indonesia introduce the Five Year Developing program because the oil and gas are main contributor in state income. PT Elnusa is one of o il and gas sevice company which operate their activities 111 arround Indonesia since end of sixty year. Facing competitive in o il and gas upstream service industry, PT Elnu a must have competitive advantage. To meet their vis ion. mission dan objective company, PT Elnusa should manage their acti vities in company value chain and to use it as competitive advantage. The propose of th is research is to analys more deeper how PT Elnusa manage their value chain acti vities. Because, by using ana lys is of value chain acti vities can identify factors in acti vities that could give the company competitive advantage. Thmugh this anaJysis can also know what kind of factors which give the competitive advantage. The research results show that PT Elnusa have some activi tie that can act as competi tive advantage, but only four activities that can generate competitive advantage, such as operation, marketing, serv ice and firm in frast ructure. These acti vities are distinctive competencies and fina lly become PT Elnusa strategy. The company strategies aJe cost leadership and product differentiation.

Kata Kunci : Rantai nilai,Distinctive competencies,Keunggualn bersaing,Keunggulan biaya,Diferensias

  1. S2-FEB-2008-SISWANTORO_MARDIS_PRASODJO-ABSTRACT_pdf.pdf  
  2. S2-FEB-2008-SISWANTORO_MARDIS_PRASODJO-BIBLIOGRAPHY_pdf.pdf  
  3. S2-FEB-2008-SISWANTORO_MARDIS_PRASODJO-TABLEOFCONTENT_pdf.pdf  
  4. S2-FEB-2008-SISWANTORO_MARDIS_PRASODJO-TITLE_pdf.pdf