Laporkan Masalah

Pengembangan dan Analisis Kelayakan Usaha Soft Fruit Cookies "Rico de Fruta"

Mellynda Wulandary, Dr. Ir. Priyanto Triwitono, M.P.; Ir Erista Adisetya, M.M.

2025 | Skripsi | TEKNOLOGI PANGAN & HASIL PERTANIAN

        Pertumbuhan industri makanan ringan di Indonesia menunjukkan tren yang terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya gaya hidup praktis masyarakat. Salah satu jenis makanan ringan popular yang terus berkembang dan memiliki pasar yang luas adalah soft cookies. Namun, persaingan bisnis yang cukup ketat mengharuskan pelaku usaha untuk terus berinovasi menghasilkan produk soft cookies yang dapat menarik perhatian pasar. Pengembangan soft cookies dengan penambahan buah-buahan merupakan salah satu bentuk inovasi yang potensial dan dapat meningkatkan nilai tambah produk. Pengembangan soft cookies berbasis buah-buahan tidak hanya menambah variasi rasa dan aroma yang unik, tetapi juga memberikan nilai tambah kandungan nutrisi seperti serat, vitamin, dan antioksidan.

        Rico de Fruta merupakan sebuah usaha dengan produk inovasi soft cookies berbasis buah-buahan segar. Buah-buahan yang digunakan antara lain stroberi, pisang, jeruk dan apel yang memiliki cita rasa dan flavor yang khas. Soft cookies Rico de Fruta dikemas dalam kemasan plastik doff kedap udara dan terdapat empat varian rasa soft cookies buah yaitu strawberry crumble, banana chocolate, chocolate orange dan apple caramel. Rico de Fruta mulai beroperasi sejak bulan November 2024 dengan menerapkan empat macam metode penjualan yaitu sistem pre-order, reseller, e-commerce, dan konsinyasi dengan beberapa kantin fakultas di Universitas Gadjah Mada. Selama lima bulan usaha berjalan, produk Rico de Fruta telah terjual sebanyak 754 soft cookies. Hasil analisis kelayakan usaha dengan proyeksi lima tahun, diperoleh nilai net present value sebesar Rp56.836.798,98, internal rate of return sebesar 71,91?n payback period selama 1,93 tahun. Berdasarkan hasil tersebut, usaha Rico de Fruta dikategorikan layak untuk dijalankan. 

        The growth of the snack food industry in Indonesia shows a trend that continues to increase along with the increase in people's practical lifestyles. One of the popular types of snacks that continues to grow and has a wide market is soft cookies. However, the tough business competition requires businesses to innovate to produce soft cookies that can attract the attention of the market. The development of soft cookies with the addition of fruits is one of the potential forms of innovation and can increase the added value of the product. The development of fruit-based cookies not only adds a variety of unique flavors and aromas but also provides added value for nutritional content such as fiber, vitamins, and antioxidants.

        Rico de Fruta is a business with innovate soft cookies products based on fresh fruits. The fruits used include strawberries, bananas, oranges, apples that have a distinctive taste and flavor. Rico de Fruta cookies are packed in sealed doff plastic packaging and there are four fruit cookie flavor, namely strawberry crumble, banana chocolate, chocolate orange, and apple caramel. Rico de Fruta started operating since November 2024 by implementing four types of sales methods, namely pre-order system, reseller, e-commerce, and consignment with several faculty canteens at Universitas Gadjah Mada. During five months of business, Rico de fruta products have sold 754 soft cookies. The results of the business feasibility analysis with a five-year projection, obtained a net present value of Rp56.836.798,98, an internal rate of return of 71,91%, and a payback period of 1,93 years. Based on these results, Rico de Fruta's business is categorized as a feasible to run. 

Kata Kunci : bakery, soft cookies, kewirausahaan, pemasaran, analisis kelayakan usaha

  1. S1-2025-480384-abstract.pdf  
  2. S1-2025-480384-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-480384-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-480384-title.pdf