Hubungan Status Gizi dan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Tenaga Kependidikan di Universitas Gadjah Mada
Farah Nafisa Sausan, Yayuk Hartriyanti, SKM., M.Kes.; Ika Ratna Palupi, S.Gz., M.Sc., RD.
2025 | Skripsi | GIZI KESEHATAN
Produktivitas kerja tenaga kependidikan
menjadi elemen penting dalam
mewujudkan pendidikan yang bermutu serta meningkatkan daya saing lembaga di
tengah persaingan antar institusi pendidikan. Tenaga kependidikan yang
produktif tidak hanya memastikan kelancaran akademik, tetapi juga berperan
dalam mendukung pencapaian visi dan misi institusi. Status gizi yang baik
berkontribusi terhadap stabilitas energi dan ketahanan fisik tenaga
kependidikan, sehingga mendukung peningkatan produktivitas kerja. Selain itu,
motivasi kerja merupakan faktor psikologis yang mendorong tenaga kependidikan untuk
bekerja secara optimal. Motivasi kerja yang tinggi juga berperan dalam meningkatkan
etos kerja, tanggung jawab, dan kinerja yang optimal guna mencapai tujuan
organisasi pendidikan.
The work productivity of
education support staff is a vital component in realizing quality education and
enhancing institutional competitiveness amidst growing inter-institutional
competition. Productive support staff not only ensure the smooth implementation
of academic and administrative functions but also make significant
contributions to achieving the institution’s vision and mission. Adequate
nutritional status supports stable energy levels and physical endurance, which
in turn contributes to improved work productivity. Additionally, work
motivation is a psychological factor that encourages staff to perform at their
best. A high level of motivation is associated with a strong work ethic, a
greater sense of responsibility, and enhanced job performance in pursuit of
organizational goals.
Kata Kunci : motivasi kerja, produktivitas kerja, status gizi, tenaga kependidikan