Laporkan Masalah

Hubungan Status Gizi dan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Tenaga Kependidikan di Universitas Gadjah Mada

Farah Nafisa Sausan, Yayuk Hartriyanti, SKM., M.Kes.; Ika Ratna Palupi, S.Gz., M.Sc., RD.

2025 | Skripsi | GIZI KESEHATAN

Produktivitas kerja tenaga kependidikan menjadi elemen penting dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu serta meningkatkan daya saing lembaga di tengah persaingan antar institusi pendidikan. Tenaga kependidikan yang produktif tidak hanya memastikan kelancaran akademik, tetapi juga berperan dalam mendukung pencapaian visi dan misi institusi. Status gizi yang baik berkontribusi terhadap stabilitas energi dan ketahanan fisik tenaga kependidikan, sehingga mendukung peningkatan produktivitas kerja. Selain itu, motivasi kerja merupakan faktor psikologis yang mendorong tenaga kependidikan untuk bekerja secara optimal. Motivasi kerja yang tinggi juga berperan dalam meningkatkan etos kerja, tanggung jawab, dan kinerja yang optimal guna mencapai tujuan organisasi pendidikan.

The work productivity of education support staff is a vital component in realizing quality education and enhancing institutional competitiveness amidst growing inter-institutional competition. Productive support staff not only ensure the smooth implementation of academic and administrative functions but also make significant contributions to achieving the institution’s vision and mission. Adequate nutritional status supports stable energy levels and physical endurance, which in turn contributes to improved work productivity. Additionally, work motivation is a psychological factor that encourages staff to perform at their best. A high level of motivation is associated with a strong work ethic, a greater sense of responsibility, and enhanced job performance in pursuit of organizational goals.

Kata Kunci : motivasi kerja, produktivitas kerja, status gizi, tenaga kependidikan

  1. S1-2025-482153-abstract.pdf  
  2. S1-2025-482153-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-482153-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-482153-title.pdf