Subjektivitas Tokoh Mantisa dalam Novel Buku Panduan Matematika Terapan Karya Triskaidekaman Kajian Psikoanalisis Lacan
Aisyah Akhlaqul Karimah, Dr. Pujiharto, M.Hum.
2025 | Tesis | S2 Sastra
Penelitian
ini mengkaji proses pembentukan subjek dan bentuk-bentuk hasrat yang dialami
tokoh Mantisa dalam novel Buku
Panduan Matematika Terapan karya
Triskaidekaman melalui kacamata teori psikoanalisis Jacques Lacan. Menurut
Lacan, subjektivitas manusia dikonstruksi melalui tiga fase utama: riil,
imajiner, dan simbolik. Setiap fase mengungkap dinamika hasrat sebagai dorongan
yang muncul dari rasa kekurangan. Lacan mengkategorikan hasrat menjadi dua
bentuk utama: anaklitik dan narsistik, yang masing-masing dibagi lagi menjadi
tipe aktif dan pasif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif
dan menerapkan analisis metafora dan metonimi untuk mengidentifikasi penanda
hasrat dalam teks novel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Mantisa mengalami
transisi subjektivitas dari keutuhan dalam fase riil, ke fragmentasi identitas
dalam fase imajiner, dan akhirnya ke dalam struktur bahasa dan masyarakat dalam
fase simbolik. Dalam proses ini, Mantisa memperlihatkan dua bentuk utama
hasrat: hasrat untuk menjadi, yakni untuk diakui sebagai subjek oleh Yang Lain;
dan hasrat untuk memiliki, yakni keinginan untuk memiliki atau mengendalikan
Yang Lain. Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa dinamika hasrat memainkan peran
penting dalam membentuk identitas tokoh dan penting untuk memahami ketegangan
eksistensial yang dialaminya.
This
study examines the process of subject formation and the forms of desire
experienced by the character Mantisa in the novel Buku Panduan Matematika Terapan by Triskaidekaman through the lens of Jacques Lacan's
psychoanalytic theory. According to Lacan, human subjectivity is constructed
through three main phases: the riil, the imaginary, and the symbolic. Each
phase reveals the dynamics of desire as a drive that arises from a sense of
lack. Lacan categorizes desire into two main forms: anaclitic and narcissistic,
each of which is further divided into active and passive types. This research
employs a descriptive qualitative method and applies metaphor and metonymy
analysis to identify the markers of desire within the novel's text. The findings
show that Mantisa undergoes a transition in subjectivity from the wholeness in
riil phase, to the fragmentation of identity in the imaginary phase, and
finally into the structure of language and society in the symbolic phase. In
this process, Mantisa displays two primary forms of desire: the desire to be
namely, to be recognized as a subject by the Other; and the desire to have
namely, the wish to possess or control the Other. These findings suggest that
the dynamics of desire play a crucial role in shaping the character's identity
and are essential to understanding the existential tension she experiences.
Kata Kunci : Subjektivitas, Hasrat, Riil, Imajiner, Simbolik