Sekolah Anak Usia Dini Berbasis Kurikulum Reggio Emilia di Salatiga
MARSELLA PUSPITA SARI, Dr. Yani Rahmawati, S.T., MT.
2025 | Skripsi | ARSITEKTUR
Anak
usia dini berada dalam masa emas dimana anak sangat rentan dalam menyerap
rangsangan dari lingkungannya. Melalui pendidikan anak usia dini, anak-anak
akan memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang kehidupan seperti berinteraksi
dengan orang lain, mengikuti aturan, dan menjaga disiplin. Beberapa upaya
Pemerintah Kota Salatiga dalam mewujudkan Kota Layak Anak masih perlu
ditingkatkan agar memenuhi standar dan dapat mewadahi aktivitas di dalamnya
dengan baik. Sehingga perancangan Sekolah Anak Usia Dini di Salatiga diharapkan
mampu memfasilitasi dan berkontribusi dalam seluruh aspek mulai dari
pendidikan, kesehatan, dan kependudukan agar terintegrasi dengan baik khususnya
bagi anak usia dini.
Konsep
yang digunakan dalam perancangan sekolah anak usia dini di Salatiga ini mengacu
pada Kurikulum Reggio Emilia dan standar pada perancangan sekolah anak
usia dini. Dengan beberapa ruang khusus dan pola desain yang mencirikan sekolah
Reggio Emilia yang diharapkan dapat mewadahi kebutuhan anak sesuai
dengan minat anak.
Metode
yang digunakan dalam perancangan sekolah anak usia dini ini melalui
lima tahapan, yakni studi pustaka, wawancara, survei kuesioner, studi kasus,
dan observasi. Dalam proses penyusunan
penulis menemukan dua permasalahan utama yang menjadi dasar dari perancangan
ini yang meliputi program ruang sesuai kebutuhan dan implementasi konsep
kurikulum Reggio Emilia pada desain arsitektur.
Early childhood is in a golden period where children are
very vulnerable in absorbing stimuli from their environment. Through early
childhood education, children will gain a deeper understanding of life such as
interacting with others, following rules, and maintaining discipline. Some of
the Salatiga City government's efforts to realize a Child Friendly City still
need to be improved so that they meet the standards and can properly
accommodate the activities within. Therefore, the design of the Early Childhood
School in Salatiga is expected to facilitate and contribute to all aspects of
education, health, and population to be well integrated, especially for early
childhood.
The
concept used in the design of this early childhood school in Salatiga refers to
the Reggio Emilia Curriculum and standards in early childhood school design.
With some special spaces and design patterns that characterize Reggio Emilia
schools, it is expected to accommodate the needs of children according to the
interests of children.
The
method used in designing this early childhood school through five stages,
namely literature study, interviews, questionnaire surveys, case studies, and
observations. In the preparation
process, the author found two main problems that became the basis of this
design which included the space program according to the needs and
implementation of the Reggio Emilia curriculum concept in architectural design.
Kata Kunci : Sekolah, Anak Usia Dini, Reggio Emilia