Laporkan Masalah

Sekolah Anak Usia Dini Berbasis Kurikulum Reggio Emilia di Salatiga

MARSELLA PUSPITA SARI, Dr. Yani Rahmawati, S.T., MT.

2025 | Skripsi | ARSITEKTUR

Anak usia dini berada dalam masa emas dimana anak sangat rentan dalam menyerap rangsangan dari lingkungannya. Melalui pendidikan anak usia dini, anak-anak akan memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang kehidupan seperti berinteraksi dengan orang lain, mengikuti aturan, dan menjaga disiplin. Beberapa upaya Pemerintah Kota Salatiga dalam mewujudkan Kota Layak Anak masih perlu ditingkatkan agar memenuhi standar dan dapat mewadahi aktivitas di dalamnya dengan baik. Sehingga perancangan Sekolah Anak Usia Dini di Salatiga diharapkan mampu memfasilitasi dan berkontribusi dalam seluruh aspek mulai dari pendidikan, kesehatan, dan kependudukan agar terintegrasi dengan baik khususnya bagi anak usia dini.

Konsep yang digunakan dalam perancangan sekolah anak usia dini di Salatiga ini mengacu pada Kurikulum Reggio Emilia dan standar pada perancangan sekolah anak usia dini. Dengan beberapa ruang khusus dan pola desain yang mencirikan sekolah Reggio Emilia yang diharapkan dapat mewadahi kebutuhan anak sesuai dengan minat anak.

Metode yang digunakan dalam perancangan sekolah anak usia dini ini melalui lima tahapan, yakni studi pustaka, wawancara, survei kuesioner, studi kasus, dan observasi.  Dalam proses penyusunan penulis menemukan dua permasalahan utama yang menjadi dasar dari perancangan ini yang meliputi program ruang sesuai kebutuhan dan implementasi konsep kurikulum Reggio Emilia pada desain arsitektur.

Early childhood is in a golden period where children are very vulnerable in absorbing stimuli from their environment. Through early childhood education, children will gain a deeper understanding of life such as interacting with others, following rules, and maintaining discipline. Some of the Salatiga City government's efforts to realize a Child Friendly City still need to be improved so that they meet the standards and can properly accommodate the activities within. Therefore, the design of the Early Childhood School in Salatiga is expected to facilitate and contribute to all aspects of education, health, and population to be well integrated, especially for early childhood.

The concept used in the design of this early childhood school in Salatiga refers to the Reggio Emilia Curriculum and standards in early childhood school design. With some special spaces and design patterns that characterize Reggio Emilia schools, it is expected to accommodate the needs of children according to the interests of children.

The method used in designing this early childhood school through five stages, namely literature study, interviews, questionnaire surveys, case studies, and observations.  In the preparation process, the author found two main problems that became the basis of this design which included the space program according to the needs and implementation of the Reggio Emilia curriculum concept in architectural design.

Kata Kunci : Sekolah, Anak Usia Dini, Reggio Emilia

  1. S1-2025-456694-abstract.pdf  
  2. S1-2025-456694-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-456694-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-456694-title.pdf