USER GENERATED CONTENT TIKTOK DALAM MEMBANGUN KREDIBILITAS PRODUK KECANTIKAN SKINTIFIC
Asyadu Fitrani, Prof. Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, S.IP., M.Si.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten yang dihadirkan melalui UGC pada platform media sosial TikTok dalam konteks merek kecantikan, Skintific. Dengan pertumbuhan yang cepat dan penggunaan yang luas, TikTok menjadi platform yang penting bagi merek untuk berinteraksi dengan audiens mereka. Penelitian ini akan mengeksplorasi bagaimana konten yang dihasilkan oleh UGC dapat membangun kredibilitas terhadap produk Skintific. Penelitian ini akanmelibatkan analisis konten, fokus pada bagaimana kredibilitas produk dibangun melalui UGC sehingga dapat menjadi alat pemasaran yang andal. Metodologi yang
digunakan mencakup pengumpulan dan analisis konten UGC TikTok yang memiliki nilai penjualan berkaitan dengan produk Skintific. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana konten media sosial dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan kredibilitas dan citra produk. Temuan dari penelitian ini memberikan panduan praktis bagi Skintific dan merek serupa dalam memanfaatkan platform media sosial untuk membanguncitra merek yang kuat dan meningkatkan interaksi dengan konsumen.
Kata kunci: Analisis Konten, Kredibilitas, Tiktok, Skintific, User Generated Content
This study aims to analyze the content presented by User Generated Content on the TikTok social media platform in the context of the beauty brand, Skintific. With rapid growth and widespread use, TikTok has become an important platform for brands to interact with their audiences. This research will explore how the content generated by UGC build up the credibility regarding Skintific products. It will involve content analysis focusing on product in UGC build the credibility to be useful for digital marketing. The methodology will include TikTok content collection and analysis. The findings from this research are expected to provide deep insights into how social media content can effectively enhance the credibility and image of products. The results of this study will offer practical guidance for Skintific and similar brands in leveraging social media platforms to build a strong brand image and enhance interactions with consumers.
Keywords: Content Analysis, Credibility, TikTok, Skintific, User Generated Content
Kata Kunci : Content Analysis, Credibility, TikTok, Skintific, User Generated Content