Pengaruh Employer Branding terhadap Intensi untuk Melamar Kerja dengan Penggunaan Media Sosial sebagai Pemediasi (Studi pada Mahasiswa Generasi Z di Universitas Gadjah Mada)
Nur Afifah Mudofi, Prof. Drs. Gugup Kismono, MBA., Ph.D.
2025 | Tesis | S2 Manajemen
Persaingan dalam perang talenta membuat
kemampuan perusahaan untuk mendapatkan pelamar yang potensial menjadi penting, khususnya untuk menarik Generasi Z. Dalam
menghadapi persaingan tersebut, employer branding dianggap sebagai
strategi yang efektif untuk meningkatkan intensi melamar kerja. Media sosial,
sebagai media komunikasi yang sangat luas, berperan dalam membangun employer
branding yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer
branding terhadap intensi untuk melamar kerja, dengan penggunaan media
sosial sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dan menyebarkan kuesioner melalui purposive sampling.
Responden yang didapatkan pada penelitian ini adalah 174 mahasiswa yang tergolong dalam Generasi Z yang berkuliah di Universitas
Gadjah Mada yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis dilakukan
dengan menggunakan metode regresi linear sederhana dan bootstrapping
menggunakan perangkat lunak Statistical Package for the Social Sciences
(SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer branding berpengaruh
positif terhadap intensi untuk melamar kerja Generasi Z. Selain itu, penggunaan media sosial secara parsial
memediasi pengaruh positif employer branding terhadap intensi Generasi Z untuk melamar kerja.
In the business world, competition in recruiting
the best talent means that companies must have the ability to show performance through various means, especially to attract
Generation Z. In facing this competition, employer branding is considered an
effective strategy to increase prospective workers' intentions to apply. Social
media, as a very broad communication medium, plays a role in building
attractive employer branding. It is important
to see the relationship that occurs between employer branding,
intention to apply and social media. This research aims to examine the influence of
employer branding on intentions to apply for work, with the use of social media
as a mediating variable.
This research uses a quantitative approach by
distributing questionnaires. Respondents were 174 individuals classified as
Generation Z who were Universitas Gadjah Mada in the Special Region of Yogyakarta who
were collected through purposive sampling. The analysis was carried out using a
simple linear regression method and bootstrapping using the Statistical Package
for the Social Sciences (SPSS) software. The research results show that employer branding
has a positive effect on intentions to apply for work. The use of social media
partially mediates the positive influence of employer branding on intentions to
apply for work among Generation Z. Furthermore, social media use partially
mediates the positive effect of employer branding on Generation Z's intention
to apply for jobs.
Kata Kunci : Employer Branding, Intensi untuk Melamar Kerja, Penggunaan Media Sosial