Laporkan Masalah

Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Pediatric Intensive Care Unit RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Andri Saraswati, Patricia Suti Lasmani, S.Kep,Ns., MPH. ; . Ami Novianti Subagya, S.Kep,Ns., M.Kep., Sp.Kep.A

2025 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

Latar belakang: Pediatric Intensive Care Unit (PICU) memerlukan pelayanan intensif dan holistik, dengan peran perawat yang krusial dalam menjaga kualitas asuhan dan kepuasan pasien. Beban kerja yang tinggi, termasuk tanggung jawab administratif dan kompleksitas kasus, dapat memengaruhi kualitas pelayanan. Sebagai rumah sakit rujukan nasional, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta memiliki tingkat pelayanan yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk meneliti hubungan antara beban kerja perawat dan kepuasan pasien guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Tujuan: Menganalisis hubungan antara beban kerja perawat dengan kepuasan pasien di ruang PICU RSUP DR. Sardjito Yogyakarta.

Metode penelitian: Penelitian ini merupakan studi kuantitatif analitik korelasi, dengan sampel 38 perawat pelaksana di ruang PICU RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dan 67 keluarga pasien. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner beban kerja perawat dan kepuasan pasien. Analisis data menggunakan uji korelasi Kendall tau.

Hasil: Sebagian besar perawat melaporkan beban kerja berat (42,1%), sedang (39,5%) dan ringan (28,4%) dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, lama kerja. Keluarga pasien umumnya merasa puas dengan aspek responsiveness, reability, empathy, assurance, tangibles dengan rata – rata kepuasan sebesar 86,70 %, meskipun terdapat ketidakpuasan dengan rata - rata 13,30 %. Uji korelasi menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara beban kerja perawat dan kepuasan pasien (p = 0,098; p > 0,05) Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja perawat dengan kepuasan pasien di ruang PICU RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Background: The Pediatric Intensive Care Unit (PICU) requires intensive and holistic care, with nurses playing a crucial role in maintaining care quality and patient satisfaction. High workloads, including administrative responsibilities and complex cases, can impact service quality. As nation referral hospital, Dr. Sardjito General Hospital in Yogyakarta maintains a high level of service. Therefore, it is important to examine the relationship between nurses’ workloads and patient satisfaction to improve healthcare service quality.

Objective: To analyze the relationship between nurses' workload and patient satisfaction in the PICU at Dr. Sardjito General Hospital, Yogyakarta. Methodology: This quantitative correlation analytic study involved 38 practicing nurses in the PICU and 67 patient families. Instrumens used included questionnaires on nurses’workloads and patient satisfaction. Data anlysis was conducted using the Kendall Tau Correlation test.

Results: The majority of nurses reported heavy (42.1%), moderate (39.5%), and ligt (28.4%) workloads, influenced by factors such as age, gender, education level, and length of service. Patient families generally felt satisfied with aspects of responsiveness, reliability, empathy, assurance, and tangibles, with an average satisfaction rate of 86.70%, though there was a dissatisfaction rate of 13.30%. Correlation tests indicated no significant relationship between nurses' workloads and patient satisfaction (p = 0.098; p > 0.05).

Conclusion: There is no significant relationship between nurses' workloads and patient satisfaction in the PICU at Dr. Sardjito General Hospital, Yogyakarta

Kata Kunci : Beban kerja perawat, kepuasan pasien, perawat PICU

  1. S1-2025-519262-abstract.pdf  
  2. S1-2025-519262-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-519262-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-519262-title.pdf