Laporkan Masalah

Analisis pengaruh desain pesan iklan informatif media cetak terhadap respon konsumen :: Survey konsumen terhadap iklan Pepsodent Elektra

HAPSARI, Maryunani Sinta, Dra. Sari Winahjoe, MBA

2004 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independent desain pesan iklan yang terdiri dari message content, message structure, dan message format terhadap dependent variabel respon konsumen berdasar Hierarchy of Effect Model yang terdiri dari awareness, knowledge, liking, preference, confiction, dan purchase baik secara individual maupun keseluruhan. Obyek penelitian adalah iklan informatif di media cetak.Teknik analisa data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel desain pesan iklan Pepsodent Elektra berpengaruh signifikan terhadap variabel respon konsumen namun secara individual tergantung pada tiap-tiap respon dalam Hierarchy of Effect Model. Variabel independent yang secara individual berpengaruh signifikan terhadap consumer awareness adalah isi pesan dan format pesan. Variabel independent yang berpengaruh signifikan secara individual terhadap consumer knowledge adalah message content, message structure dan message format. Variabel independent yang berpengaruh signifikan secara individual terhadap consumer liking adalah message format iklan. Variabel independent yang berpengaruh signifikan secara individual terhadap consumer preference adalah message format. Variabel independent yang berpengaruh signifikan secara individual terhadap consumer confiction adalah message format. Variabel independent yang berpengaruh signifikan secara individual terhadap consumer purchase adalah message format. Terkait dengan desain pesan iklan Pepsodent Elektra maka untuk mencapai aspek kognitif konsumen, desain pesan iklan yang perlu ditonjolkan adalah message content dan message structure. Aspek afektif dan konatif konsumen dicapai dengan menonjolkan message format iklan.

The purpose of the research is to analyze the impact of independent variabel message design which consists of message content, message structure, and message format to dependent variable consumer response based on Hierarchy of Effect Model which consists of awareness, knowledge, liking, preference, confiction, and purchase both wholly and individually. The statictical tool that used to test is multiple regresion linear. The result of the research reveal that the independent variable impact to dependent variable as a whole but as individually, it depends on each of the consumer response. As individually, independent variable which impact to consumer awareness are message format and message content. Independent variable which impact individually to consumer knowledge are message content, message structure and message format. Independent variable which impact individually to consumer liking are message structure and message fromat. Variable independent which impact individually to consumer confiction is message format, and independent variable which impact individually to consumer purchase is message format. The research suggest that to analyse consumer response, it will be better if another factors in marketing mix are identify too. Based on the result of the study, message format of informative avertising is needed to design attractively in order to get the consumer response.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Iklan Informatif,Respon Konsumen, informative advertising, message design, Hierarchy of Effect Model

  1. S2-2004-MaryunaniSintaHapsari-Abstract.pdf  
  2. S2-2004-MaryunaniSintaHapsari-Bibliography.pdf  
  3. S2-2004-MaryunaniSintaHapsari-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2004-MaryunaniSintaHapsari-Title.pdf