KARAKTERISTIK PESERTA BPJS KESEHATAN PENGGUNA LAYANAN RUJUKAN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PROF. SOEDOMO UNIVERSITAS GADJAH MADA (ANALISIS DATA REKAM MEDIS RSGM PROF. SOEDOMO)
Satrio Bagus Mukti Raharjo, Dr. drg. Julita hendrartini, M.Kes. AAK ; Dr. drg. Sri Widiati, MPH.
2025 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER GIGI
Pemerintah Republik Indonesia meningkatkan akses masyarakat
terhadap fasilitas pelayanan kesehatan tingkat primer yaitu dengan pembentukan
program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan fasilitas pelayanan kesehatan
yang terdiri dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas
Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL). Fasilitas kesehatan JKN menerapkan
sistem rujukan berjenjang. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia
Nomor 1 Tahun 2012 menyebutkan bahwa sistem rujukan dibentuk untuk mengatur
pelimpahan tugas dan tanggung jawab dokter terhadap pasien secara timbal balik
vertikal maupun horizontal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik
peserta BPJS yang dirujuk ke RSGM Prof. Soedomo pada tahun 2023.
The Government of the Republic of Indonesia is increased public
access to primary level health service facilities, namely by established the National
Health Insurance (JKN) program with health service facilities consisted of First
Level Health Facilities (FKTP) and Advanced Referral Health Facilities (FKRTL).
JKN health facilities implement a tiered referral system. Regulation of the Minister
of Health of the Republic of Indonesia Number 1 of 2012 states that a referral
system was established to regulate the reciprocal delegation of duties and
responsibilities of doctors to patients vertically and horizontally. The aim of this
research is to determine the characteristics of BPJS participants who are referred to
RSGM Prof. Soedomo in 2023.
Kata Kunci : BPJS Kesehatan, rujukan berjenjang, karakteristik pasien, RSGM Prof. Soedomo Universitas Gadjah Mada / BPJS Kesehatan, tiered referral, patient characteristics, RSGM Prof. Soedomo Gadjah Mada University