Laporkan Masalah

Alih Media Arsip Kepegawaian Sebagai Penunjang Kinerja Pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar

MUTIARA HERAWATI MAFAIZ, Lastria Nurtanzila, S,I.P., M.P.A

2024 | Tugas Akhir | D4 Pengelolaan Arsip Rekaman Informasi

Proyek akhir ini menjelaskan mengenai alih media arsip kepegawaian sebagai penunjang kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Tujuan dari Proyek Akhir ini yaitu untuk menjelaskan proses alih media arsip kepegawaian yang telah dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Dengan membahas poses alih media dari awal, mulai dari awal survei arsip, proses atau prosedur, sarana dan prasarana, kendala, serta kegunaan dari hasil alih media arsip kepegawaian.

Penelitian dalam Proyek Akhir ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan tiga metode teknik pengumpulan dara yaitu observasi yang dilakukan dengan mengamati lokasi secara langsung, Wawancara yang dilakukan dengan cara interview secara langsung untuk mencari informasi kepada informan untuk mendapatkan informasi yang belum didapatkan pada kegiatan observasi. Studi Pustaka atau studi dokumen dengan mengumpulkan, mengutip, serta menelaah sumber informasi yang berhubungan dengan alih media arsip kepegawaian.

Hasil penelitian ini merupakan proses alih media arsip kepegawaian dalam bentuk prosedur dari awal hingga akhir kegiatan proses alih media arsip kepegawaian, kemudian peneliti juga menganalisis kegunaan dari hasil alih media arsip kepegawaian sesuai dengan nilai guna arsip. Penelitian ini juga menemukan fakta seperti kurangnya SDM kearsipan, minimnya sarana dan prasarana, dan kendala dalam program alih media arsip kepegawaian.


The final project describes the digitization of personnel records to support employee performance at Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. The purpose of this Final Project is to Find out the process digitization personnel records carried out by Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar by discussing themedia transfer process from the begginng of records surveys, processes of procedures, facilities and infrastructure, obstacles, and use value of personnel records.

The research in this Final Project uses a qualitative research method with a descriptive approach using three methods of data collection techniques, nomely observation carried out by observing the location directly. Interviews conducted by interviewing directly to find information to informants to obtain information that has not been obtained in observation activities, Literature study or document study by collecting, quoting, nd reviewing sources ofi nformation related to the digitization of personnel records media.

The results of this study are the process of digitization of personnel records in the form of procedures from the beginning to the end of the process of digitization of personnel records, then researches also analyze the usefulness of the results of digitization of personnel records in accordance with the use value of record. The research also found facts such as the lack of archival human resources, the lack of facilities and infrastructure, and obstacles in the personnel records of digitization

Kata Kunci : alih media, arsip kepegawaian, nilai guna arsip - digitization, personnel records, record value.

  1. D4-2024-457013-abstract.pdf  
  2. D4-2024-457013-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-457013-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-457013-title.pdf