Millenial Followers: Dinamika Kontestasi Muhammadiyah dan NU Pasca Reformasi Studi Kasus: Pembatalan Lokasi Pengajian Harlah NU ke-94 tahun 2020 di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Bachtiar Dwi Kurniawan, Prof. Dr. Agus Heruanto Hadna, M.Si, Dr. Pande Made Kutanegara, M.S.i, Dr. Hakimul Ikhwan, MA
2024 | Disertasi | S3 STUDI KEBIJAKAN
Penelitian ini dilatari oleh fenomena kontestasi antara Muhammadiyah dan NU yang melibatkan pengikut (followers) dari masing-masing organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap dinamika kontestasi Muhammadiyah dan NU di berbagai arena terutama di arena keagamaan, sosial-ekonomi dan politik. Secara lebih khusus penelitian ini juga untuk melihat perang narasi antara pengikut Muhammadiyah dan NU dan bagaimanakah followership dari para pengikut dilihat dari tingkat kelekatan (level of engagement) khususnya pada millenial followers dari Muhammadiyah dan NU
Untuk menganalisis fenomena dan kontestasi Muhammadiyah dan NU, peneliti menggunakan teori kontestasi, dan social border, sedangkan untuk melihat fenomena kepengikutan yang dalam hal ini adalah tingkat kelekatan pengikut, peneliti menggunakan teori followership. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran antara kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus pada pembatalan lokasi pengajian dalam rangka harlah NU ke-94 tahun 2020 di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa kontestasi Muhammadiyah dan NU pada arena keagamaan bersifat ideologis dan bisa menjurus ke arah sektarian. Sedangkan kontestasi pada arena sosial ekonomi, kedua organisasi saling berlomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat) dalam mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat. Kontestasi pada arena politik,kontestasi yang terjadi bersifat simbolik berupa peneguhan eksistensi dan representasi dalam politik elektoral.
Konflik, dinamika kontestasi yang terjadi antara Muhammadiyah dan NU terkait penolakan lokasi harlah di masjid Gedhe Kauman adalah hal yang disebut dengan social border. Masjid Gedhe Kauman oleh Muhammadiyah adalah “social border” yang harus dihargai oleh siapapun. Social border yang tidak dipahami dengan baik inilah yang menjadi penyebab pengikut Muhammadiyah dan NU saling berhadap-hadapan.
Penelitian ini juga menemukan bahwa tingkat kelekatan followership dari Muhammadiyah dan NU hanya terdapat empat (4) yakni bystander, participant, activist dan diehard. Level kepengikutan isolates tidak ditemukan dalam penelitian ini.
This research is motivated by the phenomenon of contestation between Muhammadiyah and NU that involves followers of each organization. This research aims to analyze the dynamics of Muhammadiyah and NU contestation in various arenas, especially in the religious, socio-economic and political arenas. More specifically, this research is also to look at the narrative war between Muhammadiyah and NU followers and how the followership of the followers is seen from the level of engagement, especially in millennial followers of Muhammadiyah and NU.
To analyze the phenomenon and contestation of Muhammadiyah and NU, researchers used the theory of contestation, and social border, while to see the phenomenon of following, which in this case is the level of attachment of followers, researchers used followership theory. This research uses a mixed method between qualitative and quantitative with a case study approach to the cancellation of the recitation location in the context of the 94th NU harlah in 2020 at the Gedhe Kauman Mosque in Yogyakarta.
The results of this study found that Muhammadiyah and NU contestation in the religious arena is ideological and can lead to sectarianism. While contestation in the socio-economic arena, the two organizations compete with each other in goodness (fastabiqul khairat) in realizing the social welfare of society. Contestation in the political arena, the contestation that occurs is symbolic in the form of affirming existence and representation in electoral politics.
The dynamics of contestation that occurred between Muhammadiyah and NU regarding the rejection of the harlah location at the Gedhe Kauman mosque is what is called a social border. The Gedhe Kauman Mosque by Muhammadiyah is a “social border” that must be respected by anyone. This poorly understood social border is the cause of Muhammadiyah and NU followers facing each other.
This study also found that there are only four (4) levels of followership attachment from Muhammadiyah and NU, namely bystander, participant, activist and diehard. The isolates level of followership was not found in this study.
Kata Kunci : Dinamika, Kontestasi, Milenial, followership, Muhammadiyah, NU