Pengaruh Metode Pembelajaran Team Teaching dan Respon Mahasiswa Terhadap Hasil belajar di Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada
Lailatul Kurnia, Ardhya Nareswari, ST, MT, Ph.D; Wayan Nuka Lantara, M.Si, Ph.D
2024 | Tesis | S2 MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI
Pengajaran merupakan elemen yang sangat krusial dalam dunia
pendidikan. Pengajaran yang efektif dapat membantu siswa memahami materi
pelajaran, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan mempersiapkan mereka
untuk menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh metode pembelajaran team teaching dan respon mahasiswa
terhadap hasil belajar di program studi magister Teknik Sipil Universitas
Gadjah Mada. Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi dan sampel pada
penelitian ini merupakan 194 mahasiswa yang terdiri dari mata kuliah metode
numerik lanjut sebesar 113 dan Metodologi Etika Penelitian sebesar 81
mahasiswa. Penelitian ini juga menggunakan teknik wawancara untuk menganalisis
penerapan team teaching dari pihak dosen pengampu mata kuliah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa metode team teaching dan respon mahasiswa berpengaruh positif
dan signifikan terhadap hasil belajar. Model team teaching juga terbukti
efektif, khususnya dalam penyampaian materi yang sesuai dengan kompetensi dosen
masing-masing, meskipun terdapat ruang untuk perbaikan dalam kolaborasi
antardosen.
Teaching is a crucial element in education. Effective
teaching can help students understand the subject matter, develop critical
thinking skills and prepare them to face future challenges. This study aims to
analyze the effect of team teaching learning methods and student responses on
learning outcomes in the Civil Engineering master study program at Gadjah Mada
University. Research method. This study used quantitative method with multiple
linear regression analysis technique. The population and sample in this study
were 194 students consisting of 113 advanced numerical methods courses and 81
students of research ethics methods. This study also used interview techniques
to analyze the implementation of team teaching from the lecturer teaching the
course. The results showed that the team teaching method and student responses
had a positive and significant effect on learning outcomes. The team teaching
model also proved to be effective, especially in delivering material in
accordance with the competence of each lecturer, although there is room for
improvement in collaboration between lecturers.
Kata Kunci : Metode Team Teaching, Respon Mahasiswa, Hasil Belajar