Laporkan Masalah

Pengaruh Metode Pembelajaran Team Teaching dan Respon Mahasiswa Terhadap Hasil belajar di Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada

Lailatul Kurnia, Ardhya Nareswari, ST, MT, Ph.D; Wayan Nuka Lantara, M.Si, Ph.D

2024 | Tesis | S2 MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Pengajaran merupakan elemen yang sangat krusial dalam dunia pendidikan. Pengajaran yang efektif dapat membantu siswa memahami materi pelajaran, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran team teaching dan respon mahasiswa terhadap hasil belajar di program studi magister Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada. Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi dan sampel pada penelitian ini merupakan 194 mahasiswa yang terdiri dari mata kuliah metode numerik lanjut sebesar 113 dan Metodologi Etika Penelitian sebesar 81 mahasiswa. Penelitian ini juga menggunakan teknik wawancara untuk menganalisis penerapan team teaching dari pihak dosen pengampu mata kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode team teaching dan respon mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Model team teaching juga terbukti efektif, khususnya dalam penyampaian materi yang sesuai dengan kompetensi dosen masing-masing, meskipun terdapat ruang untuk perbaikan dalam kolaborasi antardosen.

Teaching is a crucial element in education. Effective teaching can help students understand the subject matter, develop critical thinking skills and prepare them to face future challenges. This study aims to analyze the effect of team teaching learning methods and student responses on learning outcomes in the Civil Engineering master study program at Gadjah Mada University. Research method. This study used quantitative method with multiple linear regression analysis technique. The population and sample in this study were 194 students consisting of 113 advanced numerical methods courses and 81 students of research ethics methods. This study also used interview techniques to analyze the implementation of team teaching from the lecturer teaching the course. The results showed that the team teaching method and student responses had a positive and significant effect on learning outcomes. The team teaching model also proved to be effective, especially in delivering material in accordance with the competence of each lecturer, although there is room for improvement in collaboration between lecturers.

Kata Kunci : Metode Team Teaching, Respon Mahasiswa, Hasil Belajar

  1. S2-2024-501586-abstract.pdf  
  2. S2-2024-501586-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-501586-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-501586-title.pdf