Laporkan Masalah

Bagaimana Aspek Kesesuaian Pada Pemengaruh Virtual Mampu Membangun Kepercayaan Konsumen

Nindi Yulaikah, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc.

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh daya tarik sumber, kesesuaian, dan kredibilitas terhadap kepercayaan pada pemengaruh virtual di media sosialinstagram khususnya pada penggunaan pemengaruh virtual dibidang fesyen. Model penelitian ini terdiri dari variabel daya tarik, kesesuaian, kredibilitas dan kepercayaan. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini menggunakan 302 responden. Teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan kuisioner yang disebarkan melalui daring, dengan kriteria responden yang sudah disesuaikan.

Metode yang digunakan untuk mengolah data pada penelitian ini adalah menggunakan SEM Partial Least Square (PLS). Hasil menunjukkan bahwa daya tarik berpengaruh terhadap kepercayaan, kesesuaian berpengaruh kepada kepercayaan dan kredibilitas berpengaruh terhadap kepercayaan. Penelitian ini masih memiliki limitasi yang mungkin dapat dikembangkan lagi kedepan. 

The objective of this study is to examine the influence of source attractiveness, congruence, and credibility on trust in virtual influencers on the social media platform Instagram, particularly in the context of fashion. The research model consists of variables such as attractiveness, congruence, credibility, and trust. The data collection method employed in this study uses a non-probability sampling technique, specifically purposive sampling. A total of 302 respondents participated in this research. Data were collected using an online questionnaire, with criteria for respondents predetermined.

The data processing method applied in this study is Structural Equation Modeling (SEM) using Partial Least Squares (PLS). The results indicate that attractiveness has a significant impact on trust, congruence influences trust, and credibility affects trust. Despite the contributions of this research, certain limitations, which could be addressed in future studies.

Kata Kunci : Pemengaruh virtual, Kepercayaan, Daya Tarik, Kesesuaian, Kredibilitas.

  1. S2-2024-524628-abstract.pdf  
  2. S2-2024-524628-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-524628-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-524628-title.pdf