Bagaimana Aspek Kesesuaian Pada Pemengaruh Virtual Mampu Membangun Kepercayaan Konsumen
Nindi Yulaikah, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji
pengaruh daya tarik sumber, kesesuaian, dan kredibilitas terhadap kepercayaan
pada pemengaruh virtual di media sosialinstagram khususnya pada penggunaan
pemengaruh virtual dibidang fesyen. Model penelitian ini terdiri dari variabel daya tarik, kesesuaian,
kredibilitas dan kepercayaan. Metode pengambilan data pada penelitian ini
menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik purposive
sampling. Sampel penelitian ini menggunakan 302 responden. Teknik pengambilan
data yang dilakukan menggunakan kuisioner yang disebarkan melalui daring,
dengan kriteria responden yang sudah disesuaikan.
Metode
yang digunakan untuk mengolah data pada penelitian ini adalah menggunakan SEM Partial
Least Square (PLS). Hasil menunjukkan bahwa daya tarik berpengaruh terhadap
kepercayaan, kesesuaian berpengaruh kepada kepercayaan dan kredibilitas
berpengaruh terhadap kepercayaan. Penelitian ini masih memiliki limitasi yang
mungkin dapat dikembangkan lagi kedepan.
The
objective of this study is to examine the influence of source attractiveness, congruence,
and credibility on trust in virtual influencers on the social media platform
Instagram, particularly in the context of fashion. The research model consists
of variables such as attractiveness, congruence, credibility, and trust. The
data collection method employed in this study uses a non-probability sampling
technique, specifically purposive sampling. A total of 302 respondents
participated in this research. Data were collected using an online
questionnaire, with criteria for respondents predetermined.
The data processing method applied in this study is Structural Equation Modeling (SEM) using Partial Least Squares (PLS). The results indicate that attractiveness has a significant impact on trust, congruence influences trust, and credibility affects trust. Despite the contributions of this research, certain limitations, which could be addressed in future studies.
Kata Kunci : Pemengaruh virtual, Kepercayaan, Daya Tarik, Kesesuaian, Kredibilitas.