Laporkan Masalah

Perancangan Buku Panduan Wisata Elektronik (E-Guidebook) Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Urban Bagi Kalangan Gen Z di Kota Bandung

SEPTIAN EKAPUTRI, Muhamad Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc., H.T.S., C.H.E.

2024 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata

Kota Bandung, dengan daya tarik wisata urbannya yang beragam, memiliki potensi besar untuk menarik minat wisatawan dari kalangan Generasi Z (Gen Z). Namun, keterbatasan akses informasi yang sesuai dengan preferensi generasi ini menjadi tantangan dalam mengoptimalkan potensi tersebut. Proyek akhir ini bertujuan untuk merancang sebuah buku panduan wisata elektronik (E-Guidebook) yang berfungsi sebagai media informasi komprehensif tentang destinasi wisata urban di Kota Bandung, yang secara khusus ditargetkan untuk kalangan Gen Z. E-Guidebook dibuat berdasarkan komponen pariwisata yaitu komponen 4A Attraction, Accessibility, Amenities, dan Ancillary. Dalam penelitian ini, penulis akan merancang dan mengembangkan E-Guidebook yang interaktif dan mudah digunakan, dengan konten visual yang menarik untuk pembaca dan informasi yang lebih informatif dan juga disertai peta digital yang diakses melalui Google Maps untuk mempermudah wisatawan mencari rute lokasi destinasi wisata yang akan dituju. Output dari penelitian ini yaitu buku panduan wisata digital (E-Guidebook) dengan jumlah total 79 halaman yang sudah di unggah melalui website anyflip.com dan juga membuat peta interaktif menggunakan google maps. 

The city of Bandung, with its diverse urban tourist attractions, has great potential to attract tourists from Generation Z (Gen Z). However, limited access to information that suits this generation's preferences is a challenge in optimizing this potential. This final project aims to design an electronic tourist guidebook (E-Guidebook) which functions as a comprehensive information medium about urban tourist destinations in the city of Bandung, which is specifically targeted at Gen Z. The E-Guidebook is created based on the tourism component, namely the 4A Attraction component, Accessibility, Amenities, and Ancillary. In this research, the author will design and develop an interactive and easy-to-use E- Guidebook, with attractive visual content for readers and more informative information and also accompanied by digital maps that can be accessed via Google Maps to make it easier for tourists to find routes to tourist destinations that they will visit. aimed. The output of this research is a digital tourist guidebook (E-Guidebook) with a total of 79 pages which has been uploaded via the anyflip.com website and also created an interactive map using Google Maps.

 

Kata Kunci : E-Guidebook, Wisata Urban, Kota Bandung, Generasi Z, Media Informasi Digital

  1. D4-2024-463897-abstract.pdf  
  2. D4-2024-463897-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-463897-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-463897-title.pdf