Perancangan Buku Panduan Wisata Elektronik (E-Guidebook) Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Urban Bagi Kalangan Gen Z di Kota Bandung
SEPTIAN EKAPUTRI, Muhamad Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc., H.T.S., C.H.E.
2024 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Kota Bandung, dengan daya tarik wisata urbannya yang
beragam, memiliki potensi besar untuk menarik minat wisatawan dari kalangan
Generasi Z (Gen Z). Namun, keterbatasan akses informasi yang sesuai dengan
preferensi generasi ini menjadi
tantangan dalam mengoptimalkan potensi tersebut. Proyek akhir ini bertujuan untuk
merancang sebuah buku panduan wisata elektronik (E-Guidebook) yang berfungsi sebagai
media informasi komprehensif tentang destinasi wisata urban di Kota Bandung, yang secara khusus
ditargetkan untuk kalangan Gen Z. E-Guidebook dibuat berdasarkan komponen
pariwisata yaitu komponen 4A Attraction, Accessibility, Amenities, dan
Ancillary. Dalam penelitian ini,
penulis akan merancang dan mengembangkan E-Guidebook yang interaktif dan mudah
digunakan, dengan konten visual yang menarik untuk pembaca
dan informasi yang lebih informatif
dan juga disertai peta digital
yang diakses melalui Google Maps untuk mempermudah wisatawan
mencari rute lokasi destinasi wisata yang akan dituju. Output dari penelitian
ini yaitu buku panduan wisata digital (E-Guidebook) dengan jumlah total 79
halaman yang sudah di unggah melalui website
anyflip.com dan juga membuat peta interaktif menggunakan google maps.
The city of Bandung, with its diverse
urban tourist attractions, has great potential to attract tourists from
Generation Z (Gen Z). However, limited access to information that suits this
generation's preferences is a challenge in optimizing this potential. This
final project aims to design an electronic tourist guidebook (E-Guidebook)
which functions as a comprehensive information medium about
urban tourist destinations in the city of Bandung, which is specifically
targeted at Gen Z. The E-Guidebook is created based on the tourism component, namely the 4A Attraction component, Accessibility, Amenities,
and Ancillary. In this research, the author will design and develop an
interactive and easy-to-use E- Guidebook, with attractive visual content for
readers and more informative information and also accompanied by digital maps
that can be accessed via Google Maps to make it easier for tourists to find
routes to tourist destinations that they will visit. aimed. The output of this
research is a digital tourist guidebook (E-Guidebook) with a total of 79 pages which has been uploaded via the
anyflip.com website and also created
an interactive map using Google
Maps.
Kata Kunci : E-Guidebook, Wisata Urban, Kota Bandung, Generasi Z, Media Informasi Digital