Analisis Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Produk Wisata Di Kampung Wisata Purbayan, Kelurahan Purbayan, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta
BERLIAN NUR ALIZA, Yuni Andari, S.E., M.Si
2024 | Tugas Akhir | D4 PEMBANGUNAN EKONOMI KEWILAYAHAN
Kampung
Wisata Purbayan merupakan salah satu Kampung Wisata di Kota Yogyakarta yang
memiliki branding “Kampung Pusaka
& Penjaga Tradisi”. Kampung Wisata Purbayan menjadi tren wisata baru yang
diminati oleh wisatawan dengan menawarkan berbagai produk wisata berupa daya
tarik, fasilitas sarana prasarana, aksesibilitas, dan kualitas layanan yang
dapat dinikmati oleh wisatawan. Peningkatan kunjungan wisatawan dapat terus dilakukan
dengan pemenuhan kualitas dan ketersediaan produk wisata yang sesuai dengan
harapan wisatawan agar terciptanya kepuasan wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat
kepuasan wisatawan terhadap produk wisata di Kampung Wisata Purbayan dan
mengidentifikasi komponen produk wisata yang harus dikembangkan di Kampung
Wisata Purbayan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi
oleh 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur tingkat
kepuasan wisatawan yaitu Customer Satisfaction
Index (CSI) dan alat analisis yang digunakan untuk mengukur tingkat
kepentingan dan tingkat kinerja komponen produk wisata yaitu Importance Performance Analysis (IPA).
Berdasarkan hasil analisis CSI diperoleh nilai 70,61 persen dimana nilai
tersebut berada dalam interval 66 - 80,99 persen sehingga masuk dalam kategori
“puas”. Hasil analisis IPA diperoleh nilai rata-rata tingkat kepentingan
sebesar 4.39 dan rata-rata tingkat kinerja sebesar 3.53. Berdasarkan hasil
tersebut dapat diketahui aspek-aspek produk wisata yang memiliki tingkat
kinerja tinggi dan tingkat kinerjanya rendah yaitu kesenian dan budaya Kampung
Wisata Purbayan, lahan parkir, toilet umum, tempat sampah, dan sarana prasarana
transportasi menuju lokasi Kampung Wisata Purbayan. Komponen produk wisata
tersebut menjadi prioritas utama untuk dikembangkan dan diperbaiki oleh
pengelola Kampung Wisata Purbayan.
Purbayan
Tourism Village is one of the tourism villages in Yogyakarta City that has the
branding "Heritage Village & Tradition Keeper". Purbayan Tourism
Village is a new tourism trend that is demanded by tourists by offering various
tourism products in the form of attractions, infrastructure facilities,
accessibility, and quality of services that can be enjoyed by tourists.
Increasing tourist visits can be further done by fulfilling the quality and
availability of tourism products in accordance with tourist expectations to
create tourist satisfaction. The purpose of this study is to determine the
level of tourist satisfaction with tourism products in Purbayan Tourism Village
and identify tourism product components that need to be developed in Purbayan
Tourism Village. The method used in this research is quantitative method with
data collection techniques using questionnaires filled by 100 respondents. The
data analysis technique used to measure the level of tourist satisfaction is
Customer Satisfaction Index (CSI) and the analytical tool used to measure the
level of importance and performance of tourism product components is Importance
Performance Analysis (IPA). Based on the results of the CSI analysis, a value
of 70.61 percent was obtained where the value was in the interval 66 - 80.99
percent so that it fell into the “satisfied” category. The calculation results of
the IPA analysis obtained an average importance level value of 4.39 and an
average performance level of 3.53. Based on these results, it can be seen that
the aspects of tourism products that have a high level of performance and a low
level of performance are the arts and culture of Purbayan Tourism Village,
parking lots, public toilets, trash bins, and transportation infrastructure to
the location of Purbayan Tourism Village. The tourism product component is the
top priority to be developed and improved by the management of Purbayan Tourism
Village.
Kata Kunci : Kepuasan Wisatawan, Kualitas Produk Wisata, Kampung Wisata Purbayan, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA)