Laporkan Masalah

Kajian Daya Tarik dan Strategi dalam Pengembangan Wisata Air Kalimas di Kota Surabaya

Ika Lusiana, Drs. John Suprihanto, MIM., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Magister Kajian Pariwisata

Wisata Air Kalimas merupakan sebuah wisata yang diresmikan pada Mei 2022 bertepatan dengan hari jadi Kota Surabaya ke 729. Pemerintah mengusung konsep pengembangan dengan mengkolaborasikan wisata sejarah, edukasi, dan belanja untuk Wisata Air Kalimas. Namun sangat disayangkan konsep wisata yang diusung tidak berjalan optimal. Baru berjalan dua tahun, Pasar Apung dan beberapa dermaga dari Wisata Air Kalimas sudah tidak beroperasional. Terdapat beberapa permasalahan lainnya seperti penurunan tingkat kunjungan wisatawan, jam operasional yang berubah-ubah, serta tiket wisata yang sulit didapatkan menjadi alasan penelitian ini dilakukan.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi daya tarik serta menemukan strategi pengembangan untuk Wisata Air Kalimas. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak pengelola, Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya, dan penyebaran kuisioner kepada wisatawan Wisata Air Kalimas. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menyusun strategi pengembangan wisata.

Daya tarik Wisata Air Kalimas sangat beragam, mulai dari daya tarik wisata sejarah, kuliner, maupun edukasi. Wisata Air Kalimas tidak memiliki daya tarik wisata belanja, sehingga konsep pengembangan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah tidak optimal. Hanya daya tarik wisata sejarah yang berhasil dikembangkan, sementara itu daya tarik wisata kuliner, edukasi, dan belanja memperlukan evaluasi dan pengemasan yang lebih tepat.

Berdasarkan hasil analisis SWOT Wisata Air Kalimas berada pada kuadran I, sehingga strategi stability menjadi strategi yang paling cocok untuk keberlanjutan Wisata Air Kalimas. Beberapa rekomendasi strategi stability yaitu; memaksimalkan semua daya tarik wisata yang tersedia, menambah armada perahu wisata serta perbaikan fasilitas wisata untuk operasional dengan bantuan mitra atau investor, menjaga kebersihan lokasi maupun kenyamanan wisatawan, serta tetap melakukan upaya pemasaran dengan mengadakan pameran, event, dan bekerjasama dengan influencer lokal maupun nasional untuk mempromosikan Wisata Air Kalimas.

Wisata Air Kalimas is a tourism that was inaugurated in May 2022 to coincide with the 729th Anniversary of the City of Surabaya. The government has the concept of development by collaborating historical, educational, and shopping tourism for Wisata Air Kalimas. Unfortunately that tourism concept did not run optimally. In only two years, the floating market and several piers of Wisata Air Kalimas are  no longer operational. There are other problems such as a decreasing of tourist visits, changing operating hours, and tourist tickets that are difficult to obtain are the reasons for this research.

The purpose of this research is to identify the attractions and find development strategies for Wisata Air Kalimas. The research was conducted qualitatively by collecting data through interviews with the management, the Department of Culture, Youth and Sports and Tourism of Surabaya City, and distributing questionnaires to tourists of Kalimas Water Tourism. This research uses SWOT analysis to arrange tourism development strategies.

The attractions of Wisata Air Kalimas are very diverse such as historical, culinary, and educational attractions. Wisata Air Kalimas does not have a shopping tourist attraction, so the development concept that has been planned by the government is not optimal. Only historical tourist attractions have been successfully developed, while culinary, educational, and shopping tourist attractions require more appropriate evaluation and packaging.

The results of the SWOT analysis, Wisata Air Kalimas is in quadrant I, so the stability strategy is the most suitable strategy for the sustainability of Wisata Air Kalimas. Some recommendations for stability strategies are; maximizing all tourist attractions, adding a fleet of tourist boats and improving tourist facilities for operations with the help of partners or investors, maintaining the cleanliness of the location and the comfort of tourists, and continuing to make marketing efforts by holding exhibitions, events, and collaborating with local and national influencers to promote Wisata Air Kalimas.


Kata Kunci : daya tarik wisata, strategi pengembangan wisata, analisis SWOT, sungai kalimas, wisata air kalimas, kota surabaya

  1. S2-2024-475780-abstract.pdf  
  2. S2-2024-475780-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-475780-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-475780-title.pdf