PEMANFAATAN APLIKASI JOGJA SMART SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN GUNA MENUNJANG SMART HEALTH DI KOTA YOGYAKARTA
TITIK ANDRIYANI, Prof. Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T.
2024 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH
Salah satu fitur
dalam Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) adalah Fitur Kesehatan. Fitur
ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan pelayanan
kesehatan yang efektif, efisien, serta memudahkan aksesibilitas masyarakat ke
fasilitas kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan fitur
kesehatan beserta relevansinya terhadap penguatan dimensi smart health di Kota Yogyakarta, serta menganalisis bagaimana pemanfaatan
Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dalam
mendukung smart health di Kota
Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga dapat membantu pemerintah dalam
meningkatkan kualitas pelayanan dan bahan evaluasi melalui analisis sentimen
terhadap ulasan pengguna di Google Play
Store. Metode pengumpulan data penelitian
dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan data scraping.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan jika fitur kesehatan dalam
Aplikasi Jogja Smart Service (JSS)
memiliki relevansi pada pengembangan smart
health di Kota Yogyakarta. Selain itu, melalui integrasi teknologi, Kota Yogyakarta
berhasil menerapkan konsep Smart
Health Care dengan elemen smart
healthy citizen, smart health
governance, dan smart healthcare. Hasil penelitian juga menghasilkan analisis sentimen
melalui ulasan pengguna di Google Play
Store terhadap fitur kesehatan yang menjelaskan jika masih adanya ketidakpuasan
pengguna terhadap kinerja fitur kesehatan sehingga diperlukan saran pengembangan
lebih lanjut pada fitur kesehatan.
One of the features in the Jogja Smart Service (JSS)
application is the Health Feature, which aims to support the government in
delivering efficient and effective healthcare services, while also making it
easier for the public to access healthcare facilities. This research aims to
describe the health feature and its role in strengthening the smart health
dimension in Yogyakarta City. It also analyzes how the use of the Jogja Smart
Service (JSS) application contributes to smart health in the city.
Additionally, the research seeks to assist the government in improving service
quality and offers an evaluation tool through sentiment analysis of user reviews
on the Google Play Store. Data collection methods include observation, in-depth
interviews, and data scraping, with both qualitative and quantitative
approaches applied in the analysis.
The study's
findings indicate that the health feature in the Jogja Smart Service (JSS) app
plays a key role in advancing smart health in Yogyakarta City. The city has
successfully integrated technology to implement the Smart Health Care concept,
encompassing smart healthy citizens, smart health governance, and smart
healthcare. However, sentiment analysis of user reviews on the Google Play
Store highlights ongoing dissatisfaction with the health feature's performance,
suggesting that further improvements and developments are necessary.
Kata Kunci : Analisis Sentimen, Jogja Smart Service, Smart City, Smart Health