PERAN TINGKAT LONELINESS TERHADAP INTERAKSI PARASOSIAL MAHASISWI PENGGEMAR K-POP
NISA IRGI DEANDRA, Smita Dinakaramani, S.Psi., M.Psi., Psikolog
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Interaksi parasosial, yaitu hubungan satu arah yang dibentuk individu dengan tokoh publik melalui media masa, umum terjadi dalam budaya penggemar K-Pop. Hal ini dapat menyebabkan dampak negatif seperti impulsive buying sebagai bentuk kesetiaan kepada idola. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa interaksi parasosial sering dikembangkan oleh individu yang kesepian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran loneliness terhadap interaksi parasosial pada mahasiswi penggemar K-Pop. Penelitian ini menggunakan Skala Celebrity-Persona Parasocial Interaction dan UCLA Loneliness Scale (Version 3) yang telah diadaptasi. Sebanyak 219 partisipan berpartisipasi melalui survei online. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa loneliness tidak berperan signifikan terhadap tingkat interaksi parasosial pada mahasiswi penggemar K-Pop. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penelitian tentang loneliness dan interaksi parasosial pada mahasiswi penggemar K-Pop, serta mendorong penelitian selanjutnya untuk fokus pada faktor lain yang mempengaruhi interaksi parasosial.
Parasocial interaction, which refers to one-sided relationships individuals form with public figures through mass media, is a common phenomenon in K-Pop fandom. It can lead to negative outcomes like impulsive buying as a form of loyalty to idols. Previous research suggests parasocial interactions are often developed by lonely individuals. This study aims to examine the role of loneliness in parasocial interaction among female K-Pop fans. The study utilized the adapted Celebrity-Persona Parasocial Interaction Scale and the adapted UCLA Loneliness Scale (Version 3). A total of 219 participants were surveyed online. Data were analyzed using simple linear regression. The results show that loneliness does not significantly influence parasocial interaction levels among female K-Pop fans. This study contributes to the understanding of loneliness and parasocial interaction, particularly among K-Pop fans, and suggests future research should focus on other factors influencing parasocial interaction.
Kata Kunci : interaksi parasosial, K-Pop, loneliness, mahasiswi