Laporkan Masalah

Pengaruh Menonton Drama The World of The Married Terhadap Persepsi Tentang Status Janda

Devintha Sazqia, Dr. Budi Irawanto, S.I.P,M.A.

2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

ABSTRAK

 

Stigma dan citra negatif pada status janda masih sangat melekat kuat di masyarakat. Meskipun terkesan remeh, tetapi stigma negatif tersebut sangat merugikan para janda. Oleh sebab itu, berbagai macam upaya perlu dilakukan guna mengedukasi masyarakat dan mengurangi stigma buruk tentang janda. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui representasi janda di media hiburan, seperti drama series. Harapannya, representasi melalui media hiburan tersebut dapat mengubah atau setidaknya memberikan persepsi baru terhadap penontonnya. Penelitian ini mengambil salah satu drama series Korea terkenal berjudul The World of The Married yang memiliki tema cerita tentang pernikahan, perselingkuhan, dan perceraian.

 

Penelitian ini menggunakan metode berbasis Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 26. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kuantitatif dengan menerapkan teknik analisis koefisien korelasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang, terdiri dari laki-laki dan perempuan berusia 20-29 tahun yang telah selesai menonton drama TWOTM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku menonton drama The World of the Married dengan kecenderungan persepsi penonton terhadap status janda.

 

Kata Kunci: Drama Korea, Janda, Kecenderungan Persepsi, Media, Perilaku Menonton, Pernikahan, The World of the Married.


 


                                                            ABSTRACT

Stigma and negative perceptions towards widowhood are still deeply rooted in society. Despite seeming trivial, these negative stigmas greatly disadvantage widows. Therefore, various efforts are needed to educate the public and reduce negative stigma about widows. One effort that can be undertaken is through the representation of widows in entertainment media, such as drama series. It is hoped that representation in entertainment media can change or at least provide new perceptions to its audience. 

This study focuses on one famous Korean drama series titled "The World of The Married," which explores themes of marriage, infidelity, and divorce. The research utilizes the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 26. The research method employed is quantitative, utilizing correlation coefficient analysis techniques. The study sample consists of 100 individuals, both male and female, aged 20-29 years who have completed watching the drama TWOTM. The findings of the study indicate a positive and significant relationship between viewers' behavior of watching "The World of the Married" and their tendencies in perceiving widowhood status.

Keywords: Korean Drama, Widow, Perception Trends, Media, Viewing Behavior, Marriage, The World of the Married.

Kata Kunci : Drama Korea, Janda, Kecenderungan Persepsi, Media, Perilaku Menonton, Pernikahan, The World of the Married.

  1. S1-2024-430739-abstract.pdf  
  2. S1-2024-430739-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-430739-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-430739-title.pdf