Strategi Pengelolaan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Paket Wisata Outbound dan Jelajah Alam di Desa Wisata Tinalah
TITIS KURNIAWATI, Muhamad Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc., H.T.S., C.H.E.
2024 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Penyusunan strategi pengelolaan media sosial Tiktok dilakukan dengan mengidentifikasi aktivitas pada paket wisata outbound dan jelajah alam di Desa Wisata Tinalah. Desa Wisata Tinalah memiliki paket wisata dengan aktivitas menarik, tetapi kualitas SDM di desa ini belum memiliki kemampuan yang maksimal dalam pengelolaan melalui media sosial sebagai media promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aktivitas yang terdapat dalam paket wisata outbound dan jelajah alam di Desa Wisata Tinalah, serta merancang strategi pengelolaan media sosial Tiktok di Desa Wisata Tinalah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, in-depth interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Tiktok Desa Wisata Tinalah belum dikelola dengan baik sehingga perlu dilakukan strategi pengelolaan media sosial agar dapat memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai media promosi paket wisata. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dirancang sebuah konten pilar media sosial, format content scheduling, format visual content brief, dan SOP (Standard Operating Procedure) dalam pengelolaan media sosial.
The development of Tiktok's social media management strategy was carried out by identifying activities on outbound and hiking tour packages at Tinalah Tourism Village. Tinalah Tourism Village has a tour package with interesting activities, but the quality of human resources in this village does not have maximum ability in management through social media as a promotional medium. The purpose of this research is to identify the activities contained in the outbound and hiking tour packages at Tinalah Tourism Village, and design a Tiktok social media management strategy at Tinalah Tourism Village. The research method used is descriptive qualitative with data collection methods through observation, in-depth interviews, and documentation. The results of this study indicate that Tiktok social media in Tinalah Tourism Village has not been managed properly so that a social media management strategy needs to be carried out in order to maximize the use of social media as a medium for promoting tour packages. Therefore, this research designed a social media pillar content, content scheduling format, visual content brief format, and SOP (Standard Operating Procedure) in social media management.
Kata Kunci : Pengelolaan Media Sosial, Tiktok, Desa Wisata Tinalah