ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PEMANFAATAN MOBILE JKN SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN ANTRIAN DI RS ROYAL SURABAYA
Wijayadi Prawiro Suyono, Dr. Irwan Endrayanto Aluicius S.Si., M.Sc.
2024 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN
Latar belakang: Mobile JKN merupakan komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta rumah sakit yang sudah memiliki sistem pendaftaran online tetapi masih belum optimal dan memerlukan pengembangan lanjutan.
Tujuan: Menganalisis pengaruh kepuasan dalam pemanfaatan aplikasi Mobile JKN sebagai upaya RS Royal Surabaya (RSRS) untuk menurunkan angka antrian.
Metode: Jenis penelitian yaitu Kuantitatif Non Experimental dan Kualitatif Naratif dengan cross sectional study. Penelitian dilakukan di RSRS dengan populasi jumlah pasien yang melakukan pendaftaran rawat jalan di poliklinik periode Desember 2023 – Januari 2024 adalah 154 dengan jumlah sampel adalah 86.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Mobile JKN di RSRS telah dijalankan sesuai dengan program layanan Mobile JKN. Alur pendaftaran Mobile JKN telah sesuai dan pengguna dapat melakukan secara mudah yang ditunjukkan dengan peningkatan pemanfaatan Mobile JKN hingga April 2024. Hasil penelitian didapatkan nilai kepuasan Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness (RATER) tergolong relative tinggi dalam setiap variable yang sudah ditentukan.
Kesimpulan: Hasil uji pengaruh untuk atribut yang memiliki nilai tidak berpengaruh dengan pemanfaatan Mobile JKN adalah atribut Reliability, Tangible dan Assurance, sedangkan atribut yang berpengaruh adalah Responsiveness dan Empathy. Penelitian ini menunjukkan terdapat sembilan upaya rekomendasi terkait pemanfaatan Mobile JKN, salah satunya adalah menegakkan kebijakan yang mendukung pemanfaatan Mobile JKN secara maksimal.
Background: Mobile JKN is BPJS Kesehatan’s commitment to providing easy access and optimal service for hospital participants who already have an online registration system but it is still not optimal and requires further development.
Objective: Analyze the effect of satisfaction in using Mobile JKN application as an effort by Royal Surabaya Hospital (RSRS) to reduce queue numbers.
Method: The type of research is Quantitative Non-Experimental and Qualitative Narrative with a cross sectional study. The research was conducted at RSRS with a population of 154 patients registering for outpatient care at the clinic for the period December 2023 – January 2024 with a sample size of 86.
The results : The research results show that the use of Mobile JKN at RSRS has been carried out in accordance with Mobile JKN service program. The Mobile JKN registration flow is appropriate and users can do it easily as shown by the increase in Mobile JKN utilization until April 2024.
of the research obtained satisfaction scores for Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, and Responsiveness (RATER).
Conclussion The results of the influence test for attributes that have no influence on the use of Mobile JKN are the Reliability, Tangible and Assurance attributes, while the influential attributes are Responsiveness and Empathy. This research shows that there are nine recommended efforts related to the use of Mobile JKN, one of which is enforcing policies that support the maximal use of Mobile JKN.
Kata Kunci : BPJS, Mobile JKN, RATER, Pemanfaatan Individu