Dari Tiktok Ke Hati: Pengaruh Dukungan Sosial Dan Kepercayaan Pada Pemengaruh Dalam Pemilihan Produk Skincare Somethinc
Bachtiar Farida Amri, Dr. Sahid Susilo Nugroho , M.,Sc.,
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan informasi, dukungan emosional, dan kredibilitas pemengaruh terhadap keterikatan merek secara emosional, dengan kepercayaan berperan sebagai faktor pemediasi pada produk perawatan kulit yang direkomendasikan. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah dukungan informasi, dukungan emosional, kepercayaam, kredibilitas pemengaruh, dan keterikatan merek emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan riset kuantitatif melalui metode survey yang diukur melalui kuesioner. Metode pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 311 sampel. Responden dalam penelitian ini adalah berusia minimal 17 tahun, merupakan pengguna media sosial Tiktok, Tergabung pada komunitas Somethinc Town, melihat setidaknya salah satu akun pemengaruh @tasyafarasya atau @sabrinachairunnisa_ menyampaikan ulasan produk. Penelitian ini menggunakan metode analisis PLS-SEM dengan perangkat lunak SMART-PLS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan informasi berpengaruh positif pada kepercayaan, dukungan emosional berpengaruh positif pada kepercayaan, kredibilitas pemengaruh berpengaruh positif pada kepercayaa, kepercayaan berpengaruh positif pada keterikatann emosional, Penelitian ini juga menemukan bahwa kepercayaan memediasi dukungan informasi, emosional dan keterikatan merek emosional. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa kepercayaan memediasi kredibilitas pemengaruh dan keterikatan merek emosional.
This study aims to examine the influence of information support, emotional support, and influencer credibility on emotional brand attachment, with trust acting as a mediating factor in recommended skin care products. The variables contained in this research are information support, emotional support, trust, influencer credibility, and emotional brand attachment. This research uses a quantitative research approach through a survey method which is measured through a questionnaire. The data sampling method used in this research is non-probability sampling with a purposive sampling method. The sample size in this study was 311 samples. Respondents in this study are at least 17 years old, are Tiktok social media users, are members of the Somethinc Town community, have seen at least one of the influencer accounts @tasyafarasya or @sabrinachairunnisa_ submit product reviews. This research uses the PLS-SEM analysis method with SMART-PLS software. The results of this study show that information support has a positive effect on trust, emotional support has a positive effect on trust, credibility has a positive effect on trust, trust has a positive effect on emotional attachment. This research also found that trust mediates informational, emotional support and emotional brand attachment. Additionally, this research finds that trust mediates influencer credibility and emotional brand attachment.
Kata Kunci : Dukungan informasi, dukungan emosional, kredibilitas pemengaruh, kepercayaan, keterikatan merek emosional, Somethinc, Tiktok