Laporkan Masalah

Strategic Agility dalam Membangun Keunggulan Kompetitif Perusahaan Studi Kasus PT. Alodia Tour Indonesia

Muhamad Charis Syaifudin Husain, Amirullah Setya Hardi, S.E., Cand. Oecon., Ph.D.,

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategic Agility PT. Alodia Tour Indonesia dalam membangun keunggulan kompetitifnya. Industri pariwisata mengalami perubahan yang dinamis dan cepat, sehingga perusahaan pariwisata harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. Strategic Agility adalah kemampuan perusahaan untuk secara cepat dan efektif merespon perubahan lingkungan bisnisnya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan kunci PT. Alodia Tour Indonesia dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Alodia Tour Indonesia memiliki startegic agility yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan perusahaan untuk : (i) Mengidentifikasi dan memahami perubahan lingkungan bisnis dengan cepat. (ii) Mengembangkan Strategi baru untuk merespon perubahan tersebut. (iii) Menerapkan startegi baru dengan cepat dan efektif. (iv) Belajar dari pengalaman dan meningkatkan kinerja.

Startegic Agility PT. Alodia Tour Indonesia telah membantu perusahan untuk membangun keunggulan kompetitifnya. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pangsa pasar, Peningkatan probabilitas, peningkatan kepuasan pelanggan. Peningkatan ini menunjukan bahwa startegic agility adalah faktor penting bagi perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitifnya di industri yang dinamis, sebagaimana yang dianalisis dengan SWOT maupun Porter's Five Forces. Kedua, penelitian ini memberikan kerangka kerja untuk memahami dan menilai Startegic Agiity perusahaan. Ketiga, penelitian ini memberikan saran bagi perusahaan untuk meningkatkan Startegic Agility mereka.


This reaserch aims to analyze Strategic Agility PT. Alodia Tour Indonesia in bulding it's competitive advantage. The tourism industry is experiencing dynamic and rapid change, so tourism companies must have the ability to adapt to these changes. Strategic Agility is a company's ability to quickly and effectively respond to changes in it's businnes environment.

This research uses a qualitative  approach. Data was collected trought in-depth interviews with key informant at PT. Alodia Tour Indonesia and document analysis. The research result show tha PT. Alodia Tour Indonesia has strategic agility tall one. This is prven by the company's ability to : (i) identify and understand chages in the business environment quckly. (ii) Develop new strategies to respond to these change. (iii) Implement new strategies quickly and effectively. (iv) learn from experience and improve performance.

Stretegic Agility PT. Alodia Tour Indonesia has helped companies to build their competitive advantags. this is proven by increasing market share, increasing profitability, increasing customer satisfaction. This research provides several implication for management theory dan practice. First, this research shows that strategic agility is an important factor for companies to build theit competitive advantage in dynamic industy. as analyzed using SWOT and Porter's five forces,. second, this research privides a framework for understanding and assessing Strategic Agility company. Third, this reaserach provides suggestions for companies to improve Their Strategic Agility.

Kata Kunci : Strategic Agility, SWOT, Porter’s Five Forces, keunggulan kompetitif, industri pariwisata, PT. Alodia Tour Indonesia.

  1. S2-2024-485076-abstract.pdf  
  2. S2-2024-485076-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-485076-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-485076-title.pdf