Konsep Pendidikan Suku Baduy
RONNY IVANDER CHRISTIADY, Fitri Alfariz, S.Fil., M.Phil. ; Dr.Rr. Siti Murtiningsih, S.S., M.Hum.
2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT
Penelitian ini berjudul Konsep Pendidikan Suku Baduy. Suku Baduy merupakan salah satu suku yang masih memegang erat adat istiadatnya, termasuk adat istiadat yang melarang eksisnya pendidikan formal. Dalam penelitian ini, peneliti berupaya menggali konsep pendidikan informal yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Suku Baduy. Oleh karena itu, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan konsep pendidikan dalam perspektif filsafat. Konsep pendidikan dapat menguraikan secara jelas tentang kurikulum, peran pendidik, dan peseta didik dalam sistem pendidikan masyarakat Suku Baduy. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan pendidikan di Suku Baduy menggunakan konsep pendidikan dalam perspektif filsafat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggabungkan dua perolehan data berupa studi pustaka dan studi lapangan. Sumber Pustaka diperoleh dari buku dan jurnal yang membahas pendidikan di Suku Baduy dan konsep pendidikan, sedangkan sumber lapangan dari observasi dan wawancara langsung dengan masyarakat Suku Baduy. Unsur-unsur metodis yang digunakan berupa, deskripsi, interpretasi, dan holistik.
Hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, pendidikan merupakan proses transformatif yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik, penelitian ini fokus pada kurikulum, peran pendidik, dan peserta didik melalui berbagai aliran filsafat. Kedua, transfer pengetahuan dalam tradisi Suku Baduy dikenal sebagai papagahan, pembelajaranya dapat dikelompokan menjadi pendidikan alam, moral dan praktis. Ketiga, papagahan berpedoman kepada pikukuh, konsep nemakeun dalam pikukuh sebagai kurikulum, pangguruan berperan sebagai pendidik, dan peserta didik disebut temaan.
Kata Kunci : Adat Istiadat, Filsafat Pendidikan, Konsep Pendidikan, Suku Baduy