Perancangan Paket Wisata Berbasis "JASTIP" di Pratunam Market Bangkok
FINA NOVIYANTI MULYANI, Dr. Pitaya, S.E.T., M.Sc., H.T.S., CHE.
2024 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Perkembangan zaman dan teknologi pada saat ini telah merubah pola pikir masyarakat terhadap berbagai hai, salah satunya gaya hidup. Pada saat ini, belanja bukan hanya menjadi salah satu aktivitas yang termasuk dalam paket wisata, melainkan sudah menjadi salah satu paket wisata yaitu wisata belanja. Fenomena wisata belanja ini terus berkembang, sehingga mulai bermunculan penyedia jasa belanja, seperti "jastip" akronim dari jasa titip yang bisa membelanjakan kebutuhan orang lain sesuai permintaan. Para pelaku jastip ini bukan hanya tersebar di dalam negeri, melainkan sudah menyebar hingga ke luar negeri, salah satunya adalah Thailand. Pratunam Market Bangkok menjadi pusat fashion Thailand yang banyak digandrungi para jasa titip. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi jastip yang ada di Pratunam Market Bangkok dan melakukan perencanaan paket wisata belanja jastip di Pratunam Market Bangkok. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yaitu observasi dan wawancara, dengan melakukan pengamatan di Pratunam Market mengenai potensi wisata belanja, observasi toko fashion, souvenir, makanan, akomodasi, transportasi, dan fasilitas penunjang lainnya di sekitar Pratunam Market. Oleh karena itu, dengan adanya perencangan paket wisata belanja berbasis jastip ini diharapkan dapat menunjang kebutuhan para pelaku jasa titip pemula yang akan membuka jastip di Pratunam Market Bangkok.
The adancements in technology and modern times have changed people's mindset towards various aspects, including lifestyle. Nowdays, shopping is not just an activity included in a travel package, it has become a travel package itself, known as shopping tourism. The phenomenon of shopping tourism continues to evolve, leading to the emergence of shopping service providers such as "jastip", an acronym for "jasa titip", which means personal shopping service where one can purchase items on behalf of others according to their requests. These jastip operatos are not only widespread within the country but have also expanded internationally,including Thailand. Pratunam Market Bangkok has become a fashion hub in Thailand, popular among "jastip". The study aims to indetify the potentialof jastip service at Pratunam Market Bangkok and to plan a jastip-based shopping tourism package at Pratunam Market Bangkok. The method used is descriptive qualitative, with data collection techniques including observation and interviews. This involves observing Pratunam Market for its shopping tourism potential, and surveying fashion stores, souvenirs, food, accomodation, transportation, and other supporting facilities around Pratunam Market Bangkok. Therefore, the design of this jastip-based shopping tourism package is expected to meet the needs of novice jastip operatos who intend to offer jastip service from Pratunam Market Bangkok.
Kata Kunci : Wisata Belanja; Jastip; Pratunam Market Bangkok; Paket Wisata