Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi terhadap Pendapatan UMKM Industri Kerajinan Batik di Kabupaten Bantul (Studi Kasus pada Kampung Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul)
Radita Mia Nur Fajarini, Dr. Anggi Rahajeng, S.E., M.Ec.
2024 | Tugas Akhir | D4 PEMBANGUNAN EKONOMI KEWILAYAHAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal, tenaga kerja, digital marketing dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan UMKM industri batik di Kampung Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, D.I. Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed method dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan kuisioner. Data yang digunakan merupakan data cross-section yang diperoleh dari 30 pemilik usaha batik. Data yang diperoleh disusun menggunakan skala Likert, kemudian diolah menggunakan perangkat lunak Statistic SPSS 29.0. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji F simultan menunjukkan bahwa persepsi modal, tenaga kerja, digital marketing dan tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap persepsi pendapatan UMKM batik. Hasil uji T parsial menunjukkan bahwa persepsi tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi pendapatan, namun nilai koefisiennya sebesar 0,058 bernilai positif dan searah terhadap persepsi pendapatan UMKM batik. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2), diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,624 yang artinya bahwa variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh sebesar 62,4% terhadap variabel dependen dan 37,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian. Implikasi penelitian ini yaitu untuk membantu sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan dalam meningkatkan pendpatan UMKM di Kabupaten Bantul.
This study aims to determine the effect of capital, labor, digital marketing and education level on the income of batik industry MSMEs in Giriloyo Batik Village, Wukirsari, Imogiri, Yogyakarta. The research method uses a mixed method approach with primary data obtained through interviews and questionnaires. The data used is cross-section data obtained from 30 batik business owners. The data obtained were arranged using a Likert scale, then processed using SPSS 29.0 Statistical software. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Based on the results of the simultaneous F test, it shows that the perception of capital, labor, digital marketing and education level has a positive effect on the perceived income of batik MSMEs. The partial T test results show that the perception of the level of education does not have a significant effect on perceived income, but the coefficient value of 0.058 is positive and unidirectional towards the perceived income of batik MSMEs. Based on the results of the coefficient of determination (R2) test, the adjusted R square value is 0.624, which means that the independent variables in this study have an effect of 62.4% on the dependent variable and 37.6% is influenced by other variables outside the research model. The implication of this research is to help as a consideration in policy making in increasing MSME income in Bantul Regency.
Kata Kunci : UMKM, batik, modal, tenaga kerja, digital marketing, tingkat pendidikan.