Laporkan Masalah

PERSEPSI WISATAWAN MENGENAI PRODUK WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBYEK WISATA ALAM PUNCAK SOSOK, KABUPATEN BANTUL

Afina Yolla Tima, Ir. Retno Nur Utami, MP

2024 | Skripsi | KEHUTANAN

Banyaknya jumlah pengunjung pada suatu destinasi wisata dapat meningkatkan perkembangan pariwisata. Untuk meningkatkan kepuasan pengunjung dapat diupayakan dengan melihat persepsi wisatawan mengenai produk wisata yang diberikan kepada pengunjung. Adanya kepuasan pengunjung diharapkan waktu yang akan datang pengunjung akan berkunjung kembali atau merekomendasikan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur persepsi wisatawan terhadap produk wisata dengan tingkat kepuasan pengunjung dan hubungan persepsi wisatawan terhadap produk wisata dengan tingkat kepuasan di Obyek Wisata Alam Puncak Sosok. 

Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling, dengan tiga tahapan dalam proses perandoman terhadap hari kunjungan, waktu kunjungan dan lokasi atraksi yang ada di Obyek Wisata Alam Puncak Sosok. Metode analisis data yang digunakan yakni uji statistik deskriptif, uji regresi linier berganda, dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas). 

Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa persepsi wisatawan produk wisata dengan tingkat kepuasan memiliki tingkat hubungan yang cukup berarti. Selain itu, faktor produk wisata secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di Obyek Wisata Alam Puncak Sosok. Faktor atraksi dan amenitas secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung, sedangkan faktor aksesibilitas dan pelayanan secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Oleh karena itu, pengelola perlu melalukan perawatan dan perbaikan pada spot-spot foto, menambahkan petunjuk arah di lokasi obyek wiata alam puncak sosok serta pengelola perlu menambahkan beberapa titik tempat pembuangan sampah.

The number of visitors to a tourist destination can increase the development of tourism. To increase visitor satisfaction can be pursued by looking at tourists' perceptions of the tourism products provided to visitors. The existence of visitor satisfaction is expected that in the future visitors will visit again or recommend it to others. This study aims to measure tourists' perceptions of tourism products with the level of visitor satisfaction and the relationship between tourists' perceptions of tourism products and the level of satisfaction at the Puncak Sosok Nature Tourism Object.

Data collection in this study uses the simple random sampling method, with three stages in the process of bandaging the day of visit, time of visit and location of attractions in the Puncak Sosok Nature Tourism Object. The data analysis method used is descriptive statistical test, multiple linear regression test, and classical assumption test (normality test, multicollinearity test and heteroscedasticity test).

Based on the results of the study, it is stated that the perception of tourists of tourism products with the level of satisfaction has a significant level of relationship. In addition, the tourism product factor simultaneously affects visitor satisfaction at the Puncak Sosok Nature Tourism Object. Attraction and amenity factors partially affect visitor satisfaction, while accessibility and service factors partially have no significant effect on visitor satisfaction. Therefore, the manager needs to carry out maintenance and repairs to photo spots, add directions at the location of the peak figure natural attraction and the manager needs to add several points of garbage disposal.

Kata Kunci : Produk Wisata, Kepuasan Pengunjung, Obyek Wisata Alam Puncak Sosok

  1. S1-2024-411315-abstract.pdf  
  2. S1-2024-411315-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-411315-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-411315-title.pdf