Electronic Word of Mouth Marketing di Media Sosial Ditinjau dari Mutual Benefit Principle Etika Bisnis
MUTIARA INDAH RAMADHANTI, Dr. Ridwan Ahmad Sukri; Sri Yulita Pramulia Panani, S.Fil., M.Phil.
2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan electronic
word of mouth (eWOM) sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan proses interaktif antar konsumen melalui media sosial
dalam memudahkan
penyebaran informasi dan pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan
analisis bagaimana praktik electronic
word of mouth marketing (eWOMM) yang baik dalam
memberikan manfaat timbal balik dalam proses pemasaran digital yang melibatkan
perusahaan sebagai produsen, influencer dan affiliator sebagai distributor, dan masyarakat sebagai konsumen melalui mutual benefit principle
(prinsip saling menguntungkan) etika bisnis.
Penelitian ini merupakan penelitian filosofis
kualitatif deskriptif dengan menganalisis isu-isu aktual yang diperkuat dengan
model tinjauan literatur dari berbagai jurnal dan buku. Unsur metodis yang
digunakan penelitian ini meliputi deskripsi, interpretasi, koherensi internal,
dan refleksi kritis peneliti.
Hasil dari penelitian ini meliputi dua hal.
Pertama, eWOMM di media sosial melibatkan percakapan dan interaksi antar
pengguna melalui konten pemasaran yang dapat berupa postingan, komentar, dan
ulasan. Strategi ini dilakukan melalui dua pendekatan, yakni organic WOM
dan amplified WOM. Kedua, mutual benefit principle etika bisnis
dalam meninjau eWOMM menekankan pentingnya tanggung jawab sosial perusahaan dan
kebaikan umum dengan tidak merugikan pihak manapun dalam menjalankan bisnis,
sehingga dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara perusahaan, influencer dan affiliator, dan pelanggan.
This research is motivated by the use of electronic
word of mouth (eWOM) as a marketing strategy that utilises an interactive
process between consumers through social media to facilitate the dissemination
of information and experiences. This research aims to provide an analysis of
how good electronic word of mouth marketing (eWOMM) practices provide mutual
benefits in the digital marketing process involving companies as producers,
influencers and affiliators as distributors, and the public as consumers
through the mutual benefit principle of business ethics.
This research is descriptive qualitative philosophical
research by analysing actual issues reinforced by a literature review model
from various journals and books. The methodical elements used in this research
include description, interpretation, internal coherence, and critical
reflection of the researcher.
The results of this study include two things. First,
eWOMM on social media involves conversations and interactions between users
through marketing content that can be in the form of posts, comments, and
reviews. This strategy is carried out through two approaches, namely organic
WOM and amplified WOM. Second, the mutual benefit principle of business ethics
in reviewing eWOMM emphasises the importance of corporate social responsibility
and the public good by not harming any party in conducting business, so as to
provide mutually beneficial benefits between companies, influencers and
affiliators, and customers.
Kata Kunci : Electronic, Word of Mouth, Pemasaran Digital, Media Sosial, Mutual Benefit Principle, Etika Bisnis