Laporkan Masalah

Hubungan antara Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Pada Produk Jajanan Jaman Dahulu Event Pasar Blumbang Desa Wisata Wirokerten Kabupaten Bantul

NINCHIA AGUSTIRAHMAN, Dr. Romanus Yoseph Kun Haribowo Purnomosidi, S.E., M.Si., GRCP.

2024 | Tugas Akhir | D4 PEMBANGUNAN EKONOMI KEWILAYAHAN


Event Pasar Blumbang merupakan pertunjukan budaya yang diselenggarakan di Desa Wisata Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Pada event Pasar Blumbang terdapat produk jajanan tradisional yang dijual oleh Pelaku usaha masyarakat di sekitar Kalurahan Wirokerten. Hal ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden pernah mengunjungi event Pasar Blumbang dan pernah membeli produk jajanan tradisional. Jumlah responden dari perhitungan sampel menggunakan slovin berjumlah 100 responden. Analisis data menggunakan SEM PLS dengan pengolahan data menggunakan Smart PLS 3. Hasil penelitian dengan mengolah data dari responden menunjukkan bahwa variabel yang memiliki hubungan secara positif dan signifikan baik hubungan langsung dan tidak langsung yaitu kualitas pelayanan. Hubungan langsung variabel yamg memiliki hubungan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan. Selain itu, hubungan langsung kepuasan konsumen memiliki hubungan secara signifikan terhadap minat beli ulang. Hubungan tidak langsung yang memiliki hubungan secara positif dan signifikan hanya kualitas pelayanan. Oleh karena itu, adanya hubungan tersebut dapat menjadi evaluasi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan mempertimbangkan keputusan harga demi kepuasan konsumen dan minat beli ulang pembelian produk jajanan tradisional yang terdapat pada event Pasar Blumbang.

 


The Pasar Blumbang event is a cultural performance held in Wirokerten Tourism Village, Banguntapan District, Bantul Regency. At the Pasar Blumbang event, traditional snacks are sold by community businesses around Wirokerten Village. This is expected to help improve the economy of the surrounding community. This study aims to determine the relationship between price, product quality, and service quality on repurchase interest through customer satisfaction. This research uses purposive sampling technique, with the criteria that respondents have visited the Blumbang Market event and have bought traditional snack products. The number of respondents from the sample calculation using Slovin amounted to 100 respondents. Data analysis using SEM PLS with data processing using Smart PLS 3.0. The results of research by processing data from respondents show that variables that have a positive and significant relationship, both direct and indirect relationships, are service quality. The direct relationship between variables that have a positive and significant relationship to customer satisfaction is product quality and service quality. In addition, the direct relationship of customer satisfaction has a significant relationship with repurchase intention. The indirect relationship that has a positive and significant relationship is only service quality. Therefore, the existence of this relationship can be an evaluation of business actors to improve quality and consider price decisions for consumer satisfaction and repurchase interest in purchasing traditional snack products found at the Pasar Blumbang event.

Kata Kunci : event Pasar Blumbang, SEM PLS, harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, minat beli ulang.

  1. D4-2024-463982-abstract.pdf  
  2. D4-2024-463982-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-463982-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-463982-title.pdf