Analisis Tingkat Kepuasan Wisatawan dan Evaluasi Kualitas Produk Wisata sebagai Upaya Meningkatkan Pengelolaan dan Pengembangan Kampung Wisata Rejowinangun, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta
QARRA SALMA SETIAWAN, Laksmi Yustika Devi, S.P., M.Si., Ph.D., GRCP.
2024 | Tugas Akhir | D4 PEMBANGUNAN EKONOMI KEWILAYAHAN
Kampung Wisata
Rejowinangun menjadi salah satu Kampung Wisata yang mengembangkan potensi
pariwisata berdasarkan pembagian cluster, diantaranya yaitu seni budaya,
kerajinan, herbal, kuliner, dan agro. Hal tersebut menjadi produk wisata yang
ditawarkan Kampung Wisata Rejowinangun untuk menarik wisatawan. Produk wisata
yang digunakan pada penelitian ini yaitu daya tarik, aksesibilitas, fasilitas,
dan kualitas layanan. Pengembangan pariwisata saat ini mengacu pada pariwisata
berkualitas dan berkelanjutan yang mengedepankan ciri khas objek wisata serta
menambah pengalaman maupun kesan kepada wisatawan. Dalam mewujudkan pariwisata
yang berkualitas dan berkelanjutan, maka pemenuhan terhadap ketersediaan dan
kualitas produk wisata yang ditawarkan akan menciptakan kepuasan wisatawan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap
produk wisata dan mengetahui serta mengidentifikasi komponen produk wisata yang
harus diperbaiki dan ditingkatkan di Kampung Wisata Rejowinangun. Metode penelitian
yang digunakan yaitu metode kuantitatif, pengumpulan data melalui kuesioner
yang telah diisi oleh 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk
mengukur kepuasan wisatawan yaitu Customer Satisfaction Index (CSI), sedangkan
untuk mengukur tingkat kepentingan dan tingkat kinerja produk wisata
menggunakan Importance Perfomance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian
tingkat kepuasan wisatawan diperoleh hasil sebesar 77,52 persen yang
dikategorikan puas karena ada pada interval 66 persen – 80,99 persen. Hasil
dari perhitungan rata – rata tingkat kepentingan dan rata – rata tingkat
kinerja secara berurutan 4,22 dan 3,86. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan
bahwa masih ada ketidakpuasan wisatawan terhadap produk wisata yang ditawarkan
karena rata – rata tingkat kinerja masih di bawah rata – rata tingkat
kepentingan. Komponen produk wisata yang menjadi prioritas utama untuk
ditingkatkan yaitu papan petunjuk arah, keterbatasan lahan parkir, kondisi
toilet, dan pelayanan secara sigap dari pengelola/pengurus dari sisi kualitas
layanan.
Rejowinangun Tourism
Village is one of the tourist villages that develops tourism potential based on
cluster division, including arts and culture, crafts, herbal, culinary and
agro. This is a tourism product offered by Rejowinangun Tourism Village to attract
tourists. The tourism products used in this research are attractiveness,
accessibility, facilities and service quality. Current tourism development
refers to quality and sustainable tourism that prioritizes the characteristics
of tourist attractions and adds to the experience and impression of tourists.
In realizing quality and sustainable tourism, fulfilling the availability and
quality of the tourism products offered will create tourist satisfaction. The
aim of this research is to determine the level of tourist satisfaction with
tourism products and to know and identify components of tourism products that
must be repaired and enhanced in the Rejowinangun Tourism Village. The research
method used is a quantitative method, collecting data through questionnaires
which were filled in by 120 respondents. The data analysis technique used to
measure tourist satisfaction is the Customer Satisfaction Index (CSI), while to
measure the level of importance and performance level of tourism products using
Importance Performance Analysis (IPA). Based on the research results, the level
of tourist satisfaction obtained was 77.52 percent, which was categorized as
satisfied because it was in the interval 66 percent – 80.99 percent. The
results of calculating the average level of importance and average level of
performance are respectively 4.22 and 3.86. Based on these results, it shows
that there is still tourist dissatisfaction with the tourism products offered
because the average level of performance is still below the average level of
importance. The tourism product components that are the main priority to be
improved are directional signage, limited parking space, toilet conditions, and
alert service from managers/management in terms of service quality.
Kata Kunci : Kepuasan wisatawan, kualitas produk wisata, Kampung Wisata Rejowinangun, Customer Satisfaction Index, Importance Perfomance Analysis