Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, dan Risiko terhadap Minat Penggunaan Pinjaman Online di Shopee Paylater

VIANA ABEL MUTIARA, Raden Roro Fosa Sarassina, M.B.A., Ph.D.

2024 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan Paylater pada aplikasi Shopee yaitu Shopee Paylater. Landasan yang digunakan adalah teori Technology Acceptance Model (TAM)  dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tiga indikator untuk mengukur minat penggunaan Shopee Paylater yaitu persepsi kegunaan, kemudahan, dan risiko. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari penelitian-penelitian terdahulu, sedangkan data primer diperoleh dari survei menggunakan kuesioner yang disebar secara online. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan populasi mahasiswa di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta serta menggunakan metode simple random sampling dengan metode analisis data regresi berganda menggunakan SPSS. Ditemukan hasil bahwa persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan Shopee Paylater serta persepsi kemudahan dan risiko tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan Shopee Paylater.

Kata kunci: Kegunaan, kemudahan, risiko, Paylater.


This research was conducted to determine the factors that influence interest in using Paylater on the Shopee application, namely Shopee Paylater. The basis used is the Technology Acceptance Model (TAM) theory with a quantitative approach. This research uses three indicators to measure interest in using Shopee PayLater, namely perceived usefulness, convenience, and risk. The data sources in this research use primary data and secondary data. Secondary data was obtained from previous research, while primary data was obtained from a survey using a questionnaire distributed online. The number of samples used was 100 respondents with a population of students in the Special Region of Yogyakarta Province and used a simple random sampling method with multiple regression data analysis methods using SPSS. The results found that perceived usefulness had a positive effect on interest in using Shopee Paylater and perceptions of ease and risk had no effect on interest in using Shopee Paylater.

Keywords: Usefulness, convenience, risk, PayLater.


Kata Kunci : Kegunaan, kemudahan, risiko, paylater.

  1. D4-2024-457093-abstract.pdf  
  2. D4-2024-457093-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-457093-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-457093-title.pdf