Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, dan Social Influence Terhadap Continuance Intention Penggunaan Aplikasi Ajaib Sebagai Media Berinvestasi Online
NURUL AZIIZA ELMANDA ISLAMY, Raden Roro Fosa Sarassina, M.B.A., Ph.D.
2024 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN
Kenaikan jumlah investor di Indonesia mendorong terciptanya beragam inovasi
dalam dunia investasi yang dapat dilakukan melalui aplikasi investasi online. Salah
satu aplikasi investasi online terfavorit masyarakat yaitu Ajaib. Pengguna aplikasi
ini didominasi oleh kalagan Gen Z dan Milenial. Untuk itu, penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam
menggunakan aplikasi Ajaib sehingga perusahaan dapat mempertahankan pasarnya
ditengah maraknya kompetitor berdasarkan model penelitian TAM (Technology
Acceptance Model) dan TPB (Theory of Planned Behavior). Sampel dari penelitian
ini menggunakan metode purposive sampling dengan total responden sebesar 125
orang yang merupakan pengguna maupun pernah menggunakan aplikasi Ajaib dari
kalangan Gen Z dan Milenial. Analisis data yang digunakan yaitu SEM dengan
software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived ease of use,
perceived usefulness, dan social influence berpengaruh positif terhadap
continuance intention.
The increase number of investors in Indonesia has encouraged the creation of
various innovations in the world of investment which can be carried out through
online investment applications. One of the people's favorite online investment
applications is Ajaib. Users of this application are dominated by Gen Z and
Millennials. For this reason, this research aims to analyze the factors that influence
people in using the Ajaib application so that companies can maintain their market
amidst the rise of competitors based on the TAM (Technology Acceptance Model)
and TPB (Theory of Planned Behavior) research models. The sample from this study
used a purposive sampling method with a total of 125 respondents who were users
or had used the Ajaib application from among Gen Z and Millennials. The data
analysis used is SEM with SmartPLS software. The results of this research show
that perceived ease of use, perceived usefulness, and social influence have a positive
effect on continuance intention.
Kata Kunci : investasi online, Aplikasi Ajaib, TAM, TPB, continuance intention, Gen Z dan Milenial