Laporkan Masalah

PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE (STUDI KASUS: MAHASISWA GENERASI Z UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM))

SANTIKA DEWITANTRI, Dr. Agusta Ika Prihanti Nugraheni, S.E., M.B.A., CDM

2024 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fenomena fear of missing out (FoMO) dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif belanja online mahasiswa generasi Z Universitas Gadjah Mada (UGM). Variabel independen dalam penelitian ini adalah fear of missing out (FoMO) dan literasi keuangan, sementara variabel dependen adalah perilaku konsumtif belanja online. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa generasi Z UGM. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fear of missing out (FoMO) berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online. Sementara itu, literasi keuangan berpengaruh negatif signifikan terhadap  perilaku konsumtif belanja online.

This study aims to determine the influence of the fear of missing out (FoMO) phenomenon and financial literacy on the consumptive behavior of online shopping of Generation Z students of Gadjah Mada University (UGM). The independent variables in this study were fear of missing out (FOMO) and financial literacy, while the dependent variable was the consumptive behavior of online shopping. This study uses primary data collected through the distribution of questionnaires to generation Z UGM students. The number of samples used was 100 respondents, with purposive sampling techniques. The analysis method applied in this study is Multiple Linear Regression Analysis using SPSS. The results of the study showed that fear of missing out (FoMO) had a significant positive effect on online shopping consumptive behavior. Meanwhile, financial literacy has a significant negative effect on online shopping consumptive behavior.

Kata Kunci : Fear of Missing Out, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif, Belanja Online, generasi Z

  1. D4-2024-457090-abstract.pdf  
  2. D4-2024-457090-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-457090-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-457090-title.pdf