Strategi Komunikasi Internal oleh Human Capital Business Partner: Studi Kasus PT United Tractors Tbk 2023
HAFIZHAH AZZALIA MAULIDATINNISA, Drs. Kurniawan Kunto Yuliarso, M.A.
2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
PT United Tractors Tbk merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Astra International Tbk yang menjadi market leader dalam industri alat berat. Saat ini, karyawan PT United Tractors Tbk tidak hanya terpusat di head office saja, tetapi juga tersebar di 22 cabang dan 35 site. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk memastikan komunikasi internal berjalan dengan optimal di seluruh cabang maupun site. Melihat itu, PT United Tractors Tbk membentuk posisi Human Capital Business Partner yang bertugas dalam membangun komunikasi internal organisasi. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh HCBP menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Kerangka pemikiran yang digunakan antara lain komunikasi internal organisasi, pendekatan transisional yang berkaitan dengan human relations, strategi komunikasi internal, faktor pendukung dan penghambat komunikasi, hingga penjelasan mengenai peran HCBP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini mencakup gambaran mengenai peran HCBP, strategi komunikasi internal yang digunakan, serta faktor penghambat dan pendukung dalam komunikasi organisasi yang berjalan di PT United Tractors Tbk. Penelitian ini juga menguraikan strategi komunikator, pesan, efek, dan media yang digunakan dalam proses komunikasi. Selain itu, pendekatan human relations yang diinisiasi oleh HCBP juga menjadi bagian dari strategi komunikasi internalnya. Penelitian ini dapat menyajikan perspektif baru mengenai strategi-strategi HCBP dalam membangun komunikasi internal organisasi di PT United Tractors Tbk khususnya pada tahun 2023.
PT United Tractors Tbk, a subsidiary of PT Astra International Tbk, is a market leader in the heavy equipment industry. Currently, employees of PT United Tractors Tbk are not only concentrated at the head office but also spread across 22 branches and 35 sites. This dispersion poses a significant challenge in ensuring optimal internal communication across all branches and sites. To address this, PT United Tractors Tbk established the position of Human Capital Business Partner (HCBP), tasked with building internal organizational communication. This study focuses on the communication strategies implemented by HCBP. The conceptual framework includes organizational internal communication, a transitional approach related to human relations, internal communication strategies, supporting and inhibiting factors of communication, and an explanation of the HCBP role. This research employs a qualitative approach with a case study method, collecting data through observations, interviews, and documentation. The findings of this study provide insights into the role of HCBP, the internal communication strategies utilized, and the supporting and inhibiting factors in the organizational communication at PT United Tractors Tbk. The research also details the communicator's strategies, messages, effects, and media used in the communication process. Additionally, the human relations approach initiated by HCBP is an integral part of the internal communication strategy. This study offers a new perspective on the strategies employed by HCBP in establishing internal organizational communication at PT United Tractors Tbk, specifically in 2023.
Kata Kunci : strategi komunikasi, human relations, human capital business partner, komunikasi internal organisasi, PT United Tractors Tbk.