Analisis Faktor Loyalitas Kereta Cepat WHOOSH menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Extended (UTAUT2)
MUHAMMAD MIFTAH MA'RUF, Prof. Dr. Eng. Ir. M. Zudhy Irawan, S.T., M.T.
2024 | Skripsi | TEKNIK SIPIL
Hadir dengan label kereta cepat pertama di Indonesia bahkan
Asia Tenggara, kereta cepat yang dinamai Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem
Hebat (WHOOSH), telah resmi beroperasi. Sebagai moda transportasi baru yang
hadir di masyarakat, WHOOSH memiliki tugas penting yakni selain meraih pengguna
baru juga harus mempertahankan pengguna tetap yang sudah ada. Hal ini dapat
dicapai apabila tercipta hubungan yang baik antara penyedia layanan kereta
cepat WHOOSH dengan para pengguna layanan transportasi ini sendiri.
Oleh karena itu,
penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor loyalitas pengguna WHOOSH
sebagai bentuk esensial dari hubungan tersebut. Dalam penelitian ini
digunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology
Extended (UTAUT2) dengan konstruk yang telah disesuaikan terhadap
tujuan penelitian. Kemudian, dilakukan analisis menggunakan metode Partial
Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) terhadap konstruk
yang telah dirangkai menjadi sebuah model. Dalam proses analisis, digunakan
perangkat lunak G*Power, SPSS, dan SmartPLS sebagai alat bantu utama
penelitian.
Dari total dua juta populasi pengguna WHOOSH saat penelitian
ini dilakukan, sebanyak 127 responden dari populasi tersebut berpartisipasi
dalam penelitian ini. Kuesioner yang
disebarkan kepada para calon responden menghasilkan biodata sosiodemografi dan
perspektif pribadi mereka selama menggunakan WHOOSH. Melalui hasil penelitian
ini didapatkan bahwa perspektif pengguna layanan kereta cepat WHOOSH yang
dinilai dengan konstruk performance expectancy (PE), effort
expectancy (EE), social influence (SI), facilitating
condition (FC), hedonic motivation (HM), price
value (PV), dan habit (HAB) mampu memengaruhi
loyalitas pengguna layanan kereta cepat WHOOSH yang direpresentasikan oleh
konstruk behavioral intention (BI) secara signifikan dan
positif. Selain itu, perbedaan kelompok sosiodemografi pada kriteria usia dan
pendapatan bulanan juga memberikan efek moderasi terhadap hasil hubungan
konstruk dengan loyalitas pengguna layanan transportasi kereta cepat ini di
masa yang akan datang.
Titled as the first high-speed rail in Indonesia and even
Southeast Asia, the high-speed rail named "Waktu Hemat Operasi Optimal
Sistem Hebat" (WHOOSH) has officially commenced operations. As a new mode
of public transportation offered, WHOOSH faces the challenging tasks of
enticing prospective passengers while retaining existing users. This can be
accomplished through fostering a positive relationship over WHOOSH's service
providers and its users.
Therefore, the objective of this research is to examine the
elements which influence WHOOSH users loyalty, since they represent an
essential component of this relationship. In this research, the Unified Theory
of Acceptance and Use of Technology Extended (UTAUT2) model was utilized, with
constructs were customized to meet the research objective. The constructed
model were then analyzed integrating the Partial Least Square Structural
Equation Modeling (PLS-SEM) approach. The research's methodology relies primarily
on G*Power, SPSS, and SmartPLS software.
At the time of this study, 127 out of the total population
of over two million WHOOSH users took part. The WHOOSH-compliant questionnaire
provided to potential responders generates socioeconomic characteristics as
well as their viewpoints while using WHOOSH. The research conducted encountered
that the viewpoints among users of the WHOOSH high-speed rail service utilizing
the constructs of performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), social
influence (SI), facilitating conditions (FC), hedonic motivation (HM), price
value (PV), and habit (HAB) significantly and positively affect the loyalty of
WHOOSH users in the future, as represented by the behavioral intention (BI)
construct. Furthermore, sociodemographic disparities on age and monthly income
criteria also moderate the relationship between constructs and users loyalty
this high-speed rail service in the future.
Kata Kunci : Kereta cepat WHOOSH, UTAUT2, PLS-SEM, Loyalitas, Moderasi