ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG BATIK DI PASAR BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA
ANDIKA NUGRAHA, Laksmi Yustika Devi, S.P., M.Si., Ph.D., GRCP.
2024 | Tugas Akhir | D4 PEMBANGUNAN EKONOMI KEWILAYAHAN
Pasar Beringharjo merupakan pasar yang memiliki
banyak pedagang batik di kota Yogyakarta. Peneliti memilih pedagang batik
karena perdagangan batik berperan penting dalam ekonomi lokal di kota Yogyakarta.
Menurut pengelolah Pasar Beringharjo, permasalahan yang dihadapi pedagang batik
yaitu adanya penurunan pendapatan dikarenakan adanya trend fashion dan
persaingan pasar dengan pasar modern yang mengakibatkan jumlah pendapatan
rata-rata pedagang batik menurun pada tahun 2023 yaitu sebesar Rp4.716.294.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
pendapatan pedagang batik di Pasar Beringharjo. Faktor-faktor tersebut berupa
modal usaha yang merupakan faktor penting dalam menjalankan usaha batik, lama
usaha yang mencerminkan pengalaman dan keahlian pedagang dalam menjalankan
usaha batik, tingkat pendidikan yang dapat mempengaruhi kemampuan pedagang dalam
mengelola usaha, aksesibilitas lokasi yang dapat mempengaruhi jumlah pelanggan
yang dapat dijangkau oleh pedagang, media promosi yang dapat mempengaruhi
jangkauan pasar dan minat pelanggan terhadap produk batik. Penelitian ini
merupakan penelitian metode campuran, kuantitatif dan kualitatif. Data yang
digunakan adalah data primer yang diperoleh dari observasi, wawancara dan
penyebaran kuesioner. Alat analisis data kuantitatif yang digunakan yaitu
regresi linier berganda data cross section dan pengujian hipotesis. Berdasarkan
analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa variabel modal usaha, lama
usaha, tingkat pendidikan dan media promosi berpengaruh positif dan signifikan
serta variabel aksesibilitas lokasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
pendapatan pedagang batik di Pasar Beringharjo. Variabel modal usaha, lama
usaha, tingkat pendidikan, aksesibilitas lokasi dan media promosi secara
simultan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang batik di Pasar Beringharjo.
Beringharjo Market is a market that has many
batik traders in the city of Yogyakarta. Researchers chose batik traders
because batik trade plays an important role in the local economy in the city of
Yogyakarta. According to Beringharjo Market management, the problem faced by
batik traders is a decrease in income due to fashion trends and market
competition with modern markets which has resulted in the average income of
batik traders decreasing in 2023, namely IDR 4,716,294. This research aims to
analyze the factors that influence the income of batik traders at Beringharjo
Market. These factors include business capital which is an important factor in
running a batik business, length of business which reflects the trader's
experience and expertise in running a batik business, level of education which
can influence the trader's ability to manage the business, location
accessibility which can influence the number of customers who can be reached by
traders, promotional media that can influence market reach and customer interest
in batik products. This research is a mixed methods research. The data used is
primary data obtained from observation, interviews and distributing
questionnaires. The analytical tools used are multiple linear regression of
cross section data and hypothesis testing. Based on the analysis that has been
carried out, the results show that the variables of business capital, length of
business, level of education and promotional media have a positive and
significant effect and the location accessibility variable has a negative and
significant effect on the income of batik traders at Beringharjo Market. The
variables of business capital, length of business, level of education, location
accessibility and promotional media simultaneously influence the income of batik
traders at Beringharjo Market.
Kata Kunci : Pendapatan, Regresi Linier Berganda, Pasar Beringharjo, Modal, Lama Usaha, Tingkat Pendidikan, Aksesibilitas Lokasi, Media Promosi