Pemanfaatan Aplikasi Bantulpedia untuk Mendukung Smart Governance di Kabupaten Bantul
Bima Oktavian, Prof. Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T.
2024 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH
Pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang cepat di
Indonesia telah mengarah pada peningkatan pemanfaatan TIK, seperti aplikasi
layanan publik dan pusat informasi. Bantulpedia merupakan aplikasi yang dibuat oleh
Pemerintah Kabupaten Bantul dengan tujuan memenuhi tuntutan warga Bantul terkait
layanan publik dan pusat informasi di Kabupaten Bantul. Bantulpedia berfungsi
sebagai platform yang ditujukan untuk mengintegrasikan pelayanan publik dan
pemerintah dari berbagai lembaga pemerintah di Kabupaten Bantul, dengan fokus
khusus pada pengembangan dimensi tata pemerintahan pintar. Penelitian ini bertujuan
untuk (1) mengidentifikasi jenis layanan berbasis Smart Governance dalam Aplikasi
Bantulpedia (2) menganalisis pemanfaatan Aplikasi Bantupedia dalam mendukung
implementasi Smart Governance di Kabupaten Bantul (3) menganalisis kebutuhan
pengembangan Aplikasi Bantulpedia dalam mendukung implementasi Smart
Governance.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif. Data primer diperoleh melalui in-depth interview yang dilakukan bersama
dengan perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul, Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, dan Dinas Penanaman Modal
dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bantul. Data primer juga diperoleh
kuesioner yang diberikan pada responden. Data sekunder berasal dari dokumen
masterplan Smart City Bantul, rencana pengembangan, serta Aplikasi Bantulpedia.
Berdasarkan penelitian ini, hasil yang diperoleh adalah (1) Aplikasi
Bantulpedia memiliki 20 fitur pelayanan dan informasi publik. (2) Pemanfaatan
Aplikasi Bantulpedia belum optimal dan baru sebagian kecil masyarakat Kabupaten
Bantul yang sudah mengetahui dan memanfaatkan Aplikasi Bantulpedia. Layanan
yang paling banyak digunakan adalah pariwisata, berita, dan CCTV. (3)
Pengembangan Bantulpedia, bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah di
Kabupaten Bantul, bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai layanan publik
melibatkan berbagai instansi. Namun, penggunaan terbatas Nomor Induk
Kependudukan (NIK) nasional membatasi fungsionalitasnya.
Rapid growth of information and communication technology (ICT) in Indonesia has
led to an increased utilization of ICT, such as public service and information center
application. Bantulpedia is an application created by Bantul Regency Government
with aim to meeting the demands of Bantul residents regarding public services and
information center within the Regency. Bantulpedia serves as a platform intended to
integrate public and government services from various local government agencies in
Bantul Regency, with a specific focus on developing the Smart Governance
dimension. This research aims to (1) identify types of Smart Governance-based
services integrated with Bantulpedia application, (2) analyze the utilization of
Bantulpedia application in supporting the implementation of Smart Governance, and
(3) analyze the needs of Bantulpedia application development in supporting the
implementation of Smart Governance.
The method used in this research is qualitative method. Primary data was obtained
through in-depth interviews conducted with representatives from the Communication
and Information Office of Bantul Regency, District Population and Civil Registration
Office of Bantul Regency, and Investment and Integrated One-Stop Service Office of
Bantul Regency. Primary data was also obtained from questionnaires given to the
respondents. Secondary data comes from masterplan of Bantul Smart City, Bantul
Regency development plans, as well as the Bantulpedia application.
Based on the result of this research, (1) Bantulpedia has 20 features for public and
information services. (2) The utilization of the Bantulpedia application is not yet
optimal, and only a small portion of the community in Bantul District is aware of and
utilizes the Bantulpedia application. The services that are commonly used include
tourism, news, and CCTV. (3) The development of Bantulpedia, in collaboration with
various government agencies in Bantul regency, aims to integrate various public
services across multiple agencies. However, the restrictive use of the National
Identity Number (NIN) limits its functionality.
Kata Kunci : Bantulpedia, Smart City, Smart Governance, Application, Bantul