Laporkan Masalah

Pemanfaatan Aplikasi Bantulpedia untuk Mendukung Smart Governance di Kabupaten Bantul

Bima Oktavian, Prof. Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T.

2024 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH

Pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang cepat di

Indonesia telah mengarah pada peningkatan pemanfaatan TIK, seperti aplikasi

layanan publik dan pusat informasi. Bantulpedia merupakan aplikasi yang dibuat oleh

Pemerintah Kabupaten Bantul dengan tujuan memenuhi tuntutan warga Bantul terkait

layanan publik dan pusat informasi di Kabupaten Bantul. Bantulpedia berfungsi

sebagai platform yang ditujukan untuk mengintegrasikan pelayanan publik dan

pemerintah dari berbagai lembaga pemerintah di Kabupaten Bantul, dengan fokus

khusus pada pengembangan dimensi tata pemerintahan pintar. Penelitian ini bertujuan

untuk (1) mengidentifikasi jenis layanan berbasis Smart Governance dalam Aplikasi

Bantulpedia (2) menganalisis pemanfaatan Aplikasi Bantupedia dalam mendukung

implementasi Smart Governance di Kabupaten Bantul (3) menganalisis kebutuhan

pengembangan Aplikasi Bantulpedia dalam mendukung implementasi Smart

Governance.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian

kualitatif. Data primer diperoleh melalui in-depth interview yang dilakukan bersama

dengan perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul, Dinas

Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, dan Dinas Penanaman Modal

dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bantul. Data primer juga diperoleh

kuesioner yang diberikan pada responden. Data sekunder berasal dari dokumen

masterplan Smart City Bantul, rencana pengembangan, serta Aplikasi Bantulpedia.

Berdasarkan penelitian ini, hasil yang diperoleh adalah (1) Aplikasi

Bantulpedia memiliki 20 fitur pelayanan dan informasi publik. (2) Pemanfaatan

Aplikasi Bantulpedia belum optimal dan baru sebagian kecil masyarakat Kabupaten

Bantul yang sudah mengetahui dan memanfaatkan Aplikasi Bantulpedia. Layanan

yang paling banyak digunakan adalah pariwisata, berita, dan CCTV. (3)

Pengembangan Bantulpedia, bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah di

Kabupaten Bantul, bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai layanan publik

melibatkan berbagai instansi. Namun, penggunaan terbatas Nomor Induk

Kependudukan (NIK) nasional membatasi fungsionalitasnya.

Rapid growth of information and communication technology (ICT) in Indonesia has

led to an increased utilization of ICT, such as public service and information center

application. Bantulpedia is an application created by Bantul Regency Government

with aim to meeting the demands of Bantul residents regarding public services and

information center within the Regency. Bantulpedia serves as a platform intended to

integrate public and government services from various local government agencies in

Bantul Regency, with a specific focus on developing the Smart Governance

dimension. This research aims to (1) identify types of Smart Governance-based

services integrated with Bantulpedia application, (2) analyze the utilization of

Bantulpedia application in supporting the implementation of Smart Governance, and

(3) analyze the needs of Bantulpedia application development in supporting the

implementation of Smart Governance.

The method used in this research is qualitative method. Primary data was obtained

through in-depth interviews conducted with representatives from the Communication

and Information Office of Bantul Regency, District Population and Civil Registration

Office of Bantul Regency, and Investment and Integrated One-Stop Service Office of

Bantul Regency. Primary data was also obtained from questionnaires given to the

respondents. Secondary data comes from masterplan of Bantul Smart City, Bantul

Regency development plans, as well as the Bantulpedia application.

Based on the result of this research, (1) Bantulpedia has 20 features for public and

information services. (2) The utilization of the Bantulpedia application is not yet

optimal, and only a small portion of the community in Bantul District is aware of and

utilizes the Bantulpedia application. The services that are commonly used include

tourism, news, and CCTV. (3) The development of Bantulpedia, in collaboration with

various government agencies in Bantul regency, aims to integrate various public

services across multiple agencies. However, the restrictive use of the National

Identity Number (NIN) limits its functionality.

Kata Kunci : Bantulpedia, Smart City, Smart Governance, Application, Bantul

  1. S1-2024-441751-abstract.pdf  
  2. S1-2024-441751-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-441751-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-441751-title.pdf